Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV jurusan PGSD UPP Denpasar yang berjumlah 233 orang. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalen Control Group Design. Data hasil belajar pendidikan matematika dikumpulkan dengan tes hasil belajar matematika dan gaya kognitif dikumpulkan den gan tes GEFT. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA berbantuan SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar dengan nilai F= 22,676 dengan taraf signifikan 0,05 (0,00<0,05)

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I.M. 2002. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memprogram Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Vol. 4 No. 3 Desember 2002 (ISSN 1411-2744).

Dantes. 2012. Metode Penelitian. CV. ANDI OFFSET: Yogyakarta.

Degeng. 2001. Landasan dan Wawasan Pendidikan. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Negeri Malang.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT. Rineka Cipta

Jihad. 2009.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Koyan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press: Singaraja.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Bandung

Syaodih, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Thubroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Marhaeni. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Meizum, Dewi. 2011. “Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent”. http://www.google.ac.id.gaya belajar/gaya-kognitif-field-dependent-dan-field.html. DiunduhTanggal 25 April 2013.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Oliver, Richard L. 2010. Satisfaction : A Behavioral Perspective on the consumer. Routledge: Taylor & Francis Group. New York

Poerwarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawati, M. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kampus. ASSETS, Volume 4 (2). Desember 2014: 225-234

Uno, B. Hamzah. 2010. Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-02-21

How to Cite

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94–98. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515

Most read articles by the same author(s)