Keefektifan Metode Practice Rehearsal Pairs Terhadap Kemampuan Bercerita

Authors

  • Agung Prastyo Pambudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Arief Budiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17176

Keywords:

efektif, practice rehearsal pairs, bercerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas V di SDN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V di SD berjumlah 19 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah (1) Wawancara. (2) Dokumentasi dan. (3) Tes. Analisis data menggunakan teknis analisis data uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode Practice Rehearsal Pairs efektif terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas V di SDN Rejosari 03 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari pada pretest. Selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk kemampuan bercerita sebesar 18,492 dan ttabel sebesar 1,734 karena thitung (18,492) > ttabel (1,734) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t kemampuan bercerita signifikan.

References

Agustini, Y., & Syarifuddin, A. (2015). Penerapan Model Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipadi Mi Qur’aniah IV Palembang. Jurnal Radenfatah, 2(1), 197–222.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Bandung: Alfabeta.

Fatkhullah, M. (2011). Keefektifan Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pair Dengan Alat Peraga Simetri Lipat dan Simetri Putar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2010/2011. , Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif, Menyenangkan. Yogjakarta: : Fakultas UIN Sunan Klijaga.

Hamruni. (2012). Strategi Pelajaran. Yogjakarta: Insan Mandani.

Izzati, I. Q. N. (2018). Ketrampilan Berbicara dalam Teks Narasi Imajinasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lestari, I. P. (2014). fektivitas Practice Rehearsal Pairs dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hafalan Surat Al-‘Adiyat Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Manullang, F. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Siswa Kelas V SDN 42 Palembang. Wahana Didaktika. Wahana Didaktika, 15(1), 38–51.

Purnawati, L., & dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 64–72.

Putri, S. S. I., & dkk. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Di Sanggar Lintang Art Kediri. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 17(2), 292–299.

Riana, W., & Spfyandanu Setiadi. (2017). Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XI SMK Garuda Nusantara. Jurnal Dinamika Sosbud, 17(2), 292–299.

Soegeng. (2016). Konsep Pendidikan Dan Pengajaran Rangkuman Telaah Kritis Perbedaan, Hubungan, dan Penerapannya. Semarang: Prosiding Seminar Nasional & Bedah Buku, Universitas PGRI Semarang.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sujiyanto, R. (2016). Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas V SDN Kalijaran 01 Maos Cilacap. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(2).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Widianingsih, C. (2017). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Anak Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kramat III Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. E-Jurnal Literasi Unswagati Cirebon, 1(1), 43–52.

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Pambudi, A. P., & Budiman, A. (2019). Keefektifan Metode Practice Rehearsal Pairs Terhadap Kemampuan Bercerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17176