Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Rachma Yunita Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Henry Januar Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mira Azizah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17180

Keywords:

NHT, dakonmatika, pemecahan masalah

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media dakonmatika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SDN Kembangarum 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Design berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas II. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 23 peserta didik. Data diperoleh dari hasil pretest dan hasil posttest peserta didik. Rata-rata nilai pretest adalah 58.87, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 78.913. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis akhir dengan menggunakan uji t, didapatkan harga   yaitu 5.524 dan harga   yaitu 2.069 atau  >   maka Ha diterima. Artinya, model Numbered Heads Together berbantu media dakonmatika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas II SDN Kembangarum 03 Semarang.

References

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fad, A. (2014). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Gina Sonia MJ, D. (2017). Penerapan Model Numbered Head Together (Nht) Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SDN Dawuan Timur Ii. METODIK DIDAKTIF, Jurnal Pendidikan Ke-SD-Aan, 1(1), 26–32. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7690

Hamdayana, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: UMM Press.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358.

Niken, Susanto, T. B. S. (2012). Penerapan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran reciprocal dalam mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika kelas IX SMP N 1 pakusari pokok bahasan statistika semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3), 95–108.

Polya, G. (1971). How to Solve It: A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press.

Roebyanto, G. & S. H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roebyanto, G. dan S. H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Shafa. (2014). Karakteristik proses pembelajaran kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Yunita Sari, R., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 51–56. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17180