Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA

Pt. Anggreni Astawa, I Md. Tegeh

Abstract


Rendahnya hasil belajar IPA denggan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media PowerPoint dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD yang berjumlah 235 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas III B di SD yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas III di SD yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan intrumen tes berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Rata-rata skor siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor siswa kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media PowerPoint dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD.


Keywords


make a match;powerpoint;IPA

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.

Dewi, K. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 18 Pemecutan. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).

Giri, I. M. D. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Hazillia, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 70–77.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, I., & Sari, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Mudlofir, A., & Evi F.R. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Putri, N. M. S. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).

Rofiana, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Kasatriyan 1 Surakarta) Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakart.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Mulia Mandiri Press.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorienasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tangkas, M. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Hidrokarbon Sma Negeri 1 Dolo. Jurnal Akademika Kimia, 3(30), 135–142.

Tiballa, M. D. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1).

Wirayana, I. K. D. Y. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17663

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF file view : 457 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.