Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 01 Ngeling Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pra Experimental Design dalam bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Data dalam penelitian diperoleh melalui (1) observasi, (2) lembar angket, dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji t (uji hipotesis). Hasil analisis lembar angket minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament mengalami peningkatan, terlihat dari hasil uji t bahwa thitung > ttabel yaitu 9,305 > 2,110. Maka kesimpulannya adalah model Teams Games Tournament efektif terhadap minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kariyana, I. K. (2014). Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola. Jurnal Penjakora, 2(1), 1–11.
Nurhasanah & Soebandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa.
Pratiwi, A. (2012). Pengaruh Permainan danMotivasi Anak Terhadap PenguasaanKonsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikanan, 18(2), 106–121.
Purwandari, A. & D. T. W. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163–170.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 45–53.
Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumisiswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/334369634_PENERAPAN_TEAMS_GAMES_TOURNAMENT_TGT_MELALUI_MEDIA_KARTU_DOMINO_PADA_MATERI_MINYAK_BUMI_SISWA_KELAS_XI_MAN_4_ACEH_BESAR/fulltext/5d25f88e299bf1547ca94690/PENERAPAN-TEAMS-GAMES-TOURNAMENT-TGT-MELALUI-MEDIA
Susanto, A. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taniredja, Tukiran & Faridli, Efi Miftah & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17760
Article Metrics
Abstract view : 473 timesPDF file view : 332 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.