Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Veni Tri Kurnia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772

Keywords:

number head together, puzzle, hasil belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Number Head Together (NHT) berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar Matematika siswa  kelas IV SDN 01 Damarjati Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Damarjati Jepara dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas awal akhir dan uji hipotesis (uji t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan koefisien uji t sebesar 14,175 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5%. Rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan adalah 51 yang berarti kurang dari KKM dan rata-rata nilai setelah diberi perlakuan adalah 78 yang berarti sudah memenuhi KKM. Selisih rata-rata kenaikannya sebesar 27. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 01 Damarjati Jepara tahun ajaran 2018/2019.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif KTI) (3rd ed.). Jakarta: Kencana.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astrawan, I. G. B. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4), 227–242.

Dimyati; Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwirahayu, G. N. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Permainan untuk Siswa Kelas 1 MI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/.

Dzulfikar, A. C. A. V. (2017). Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41–48. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3409.

Mulyana; Mutia Agisni; Nurdinah Hanifah; Asep Kurnia Jayadinata. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340.

Sudarwati; Budi Utami; Kus Sri Martini. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 4 SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2), 67–73.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Widyastuti, N. S. P. P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2718/2268.

Downloads

Published

2019-06-18

How to Cite

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)