Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang

Authors

  • Muhammad Prakas Dara Asshofi Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Rofian . Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881

Keywords:

FPB, KPK, NHT, puzzle berbintang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi FPB dan KPK, sehingga kesulitan untuk memahami materi dan memecahkan masalah. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika FPB dan KPK yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dan dengan model Number Head Together (NHT) berbantu media, serta apakah peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model NHT berbantu media papan petak berbintang pada siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi faktor persekutuan besar dan kelipatan persekutuan kecil melalui model NHT berbantu media papan puzzle berbintang pada siswa kelas IV SD. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa, dengan sampling Nonprobability jenis sampling jenuh yaitu teknik penemuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 15,933 > ttabel= 2,064 yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan penggunaan Model Number Head Together dalam materi FPB dan KPK di SD.

References

Amandemen UUD 1945, Bab XIII tentang Pendidikan dan Kebudayaan

-, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

A, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Universitas Sanata Dharma.

Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Daryanto. (2013). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Gava Media.

Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departement Pendidikan Nasional 2005 - 2009. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdayana, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Heinich, R. et. al. (2002). Instructional Media and Technology For Learning, 7th Edition. Prentice Hall, Inc.

Ibrahim, H., et. al. (2001). Media Pembelajaran: Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengajar. FIPIKIP UM.

Kline ,1973 pengertian matematika di sd.

Piaget, Jean, & B. I. (2010). Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah. In 1. Pustaka Pelajar.

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Reys, D. (1984). Pengertian Matematika Menurut para ahli. http://www.trigonalworld.com/2013/04/pengertian-matematika-menurutpara-ahli.html

Runtukahu, T. dan S. K. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar BagiAnak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.

SIRAIT, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Bekajar Siswa PAI. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Dara Asshofi, M. P., Damayani, A. T., & ., R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 511–518. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881