Studi Kasus Penanganan Kesulitan Membaca Siswa ABK Kelas 3 SD Negeri Poncol 03 Pekalongan dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)

Authors

  • Nur Ba’diah Maulida Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Khusnul F ajriyah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Muhammad Arief Budiman Yeni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.23035

Keywords:

struktural analitik sintetik, ABK

Abstract

Bahasa ialah suatu hal yang penting dalam berkomunikasi di kehidupan. Dalam mengajarkan sebuah bahasa khususnya bagi seorang anak tunagrahita sedang, sangatlah perlu dibuat sebuah rencana yang matang serta sistematis berdasarkan karakteristik anak. hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 tersebut masih rendah, terutama pada kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca sebelum menggunakan metode Strutural Analitik Sintetik (SAS) dan setelah menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa ABK kelas 3 SD. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian desriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa ABK kelas 3 SD yang berjumlah 3 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi keteramoilan membaca dengan instrumen lembar pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dengan hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca sebelum menggunaan metode Struktural Analiti Sintetik (SAS) memperoleh hasil rata-rata ketiga siswa ABK yaitu 33,33%  dan sesudah menggunakan metode Struktural Analiti Sintetik (SAS) memperoleh hasil dari masing-masing pertemuan siswa ABK yaitu pertemuan pertama 41,66% , pertemuan kedua 45,13% , pertemuan ketiga 52,77%. Hal ini menunjukan ada pengaruh positif dari metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca siswa ABK dibandingkan tidak menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).

References

Chall, J. (1990). Reading and Early Childhood Education. The Critical Issues. Principal, 66(5), 6–9.

Eikeseth, S & Nesset, R. 2003. Behavioral Threatment Of Chidern With Phonological Disorder The Efficacy Of Vocal Immitation and Sufficient Response Exemplar Training. Journal Of Applied Behavior Analys 36(3), (325-337).

Eliastuti, M., & Irwansyah, N. (2018). Keefektifan Membaca Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa yang Kesulitan Membaca. Deiksis, 10(01), 33. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2265

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Ghalia Indah.

Kurniasih, I. dan B. S. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468

Putri, Gocik Vidia Hapsari, M. Shodiq AM, Asim. 2018. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Ortopedagogia, Vol. 4(1); (48-51). DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p048

Sugiarto, dkk.(2007) Psiologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Kualitattif, R & D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad (2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta : Kencana

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. 2, 145–152.

Resmi, W. F. A. U. S. S. A. B. (2019). terhadap Kemampuan Membaca. Jurnal PGSD, 12(1), 1–8.

Tarigan, Henry Guntur.1993. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Tarigan, G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Downloads

How to Cite

Maulida, N. B., ajriyah, K. F., & Budiman Yeni, M. A. (2019). Studi Kasus Penanganan Kesulitan Membaca Siswa ABK Kelas 3 SD Negeri Poncol 03 Pekalongan dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 547–552. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.23035