Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24513

Keywords:

nilai Karakter, permainan tradisional tarik tambang, pembelajaran IPA SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai karakter melalui permainan tradisional tarik tambang dalam pembelajaran IPA di SDN Pleburan 03 Semarang. Hal ini berdasarkan pada semakin dilupakan dan ditinggalkannya permainan tradisional sebagai warisan leluhur. Permainan tradisional sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa, fisik, dan mental anak. Permainan tradisional juga dapat untuk mengembangkan nilai karakter anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang diarahkan untuk mengetahui integrasi nilai karakter melalui permainan tradisional tarik tambang dalam pembelajaran IPA di SDN Pleburan 03 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah SDN Pleburan 03 Semarang. Data diperoleh melalui angket dan wawancara kemudian peneliti melakukan analisis terhadap hasil angket dan hasil wawancara. Data yang telah terkumpul lalu diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil temuan didapatkan bahwa nilai karakter yang muncul melalui permainan tradisional tarik tambang dalam pembelajaran IPA adalah kerjasama. Melalui permainan tersebut siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna berkaitan dengan materi gerak dan gaya.

Author Biography

Ferina Agustini, Universitas PGRI Semarang

PGSD

References

Apriono, D. (2011). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus, 9(2).

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP,dan SMA. Bandung:Rosda Karya.

Hamid, A. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Smk Salafiyah Prodi Tkj Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Ediide Infografika.

Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi, N. R. (2013). Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 149–155. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2716

Kusmilawati, F. E., Hadi, H., & Agustini, F. (2019). Analisis Nilai Karakter Siswa Kelas IV pada Prose Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17923

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 61–69.

Lukita, & dkk. (2012). Teori Kerjasama dan Persaingan Kelompok. Retrieved from http://www.imadiklus.com/2012/07/teori-kerjasama-dan-persaingan-kelompok.html

Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Vi Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/ 2011. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.197

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional. Yogyakarta: Diva Press.

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290

Prananta, I. G. N. A. C. (2016). Pengaruh permainan Tarik Tambang dalam Peningkatan Kekuatan Otot Tungkai Mahasiswa Putri FPOK Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(1), 75–79. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Pratiwi, K.M.. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2 (75-105).

Purwaningsih, E. (2006). Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya yang Perlu Dilestarikan. Jantra Jurnal Sejarah dan Budaya. Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Yogyakarta, 1(1).

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2009). Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Sisca. (2012). Aneka Permainan Outbond Untuk Kecerdasan & Kebugaran. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Tientje, & dkk. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Mengembangkan Multiple Inteligensi. Jakarta: Drama Graha Group.

Tribunnews.com. 7 Oktober 2017. 24 Jam Bermain Game Online di Smartphone Mata Kanan Gadis 21 Tahun Ini Buta. http://jateng.tribunnews.com/2017/10/07/24-jam-bermain-game-online-di-smartphone-mata-kanan-gadis-21-tahun-ini-buta. Diakses 20 November 2017

Wiranti. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yunus, A. (1981). Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Agustini, F. (2020). Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 114–120. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24513

Issue

Section

Articles