Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Wayan Ardithayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

Keywords:

GI, Tri Hita Karana, IPA.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa akibat kurang aktifnya siswa mengikuti pembelajan menjdai salah satu alasan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation (GI) berbasis tri hita karana terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eskperimen) dengan desain non equivalent post test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD jumlah 139 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah SD Bayunggede berjumalah 29 orang (ekperimen) dan SD Sekaan berjumlah 25 orang (kontrol). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil perhitungan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran group investigation (GI) berbasis tri hita karana 19,62 termasuk ke kategori sangat baik, sedangkan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata skor hasil belajar IPA 15,16 termasuk ke kategori baik. Sehingga berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation (GI) berbasis tri hita karana berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Model ini bisa dijadikan sebagai pilihan oleh guru digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

I Wayan Ardithayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Kadek Yudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 1(1), 45–62.

Ariadi, I. P., Renda, N. T., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation ( GI ) Terhadap Hasil Belajar IPA kelas IV. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Artana, I. W. (2014). Tri Hita Karana Meningkatkan Kualitas Modal Manusia dari Persepektif Kesehatan. Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, X(2), 100–105.

Artini, Pasaribu, M., & Husain, S. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Goup Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. E-Jurnal Mitra Sains, 4(1), 76–83.

Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264–271.

Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus IV Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76–86.

Indriani. (2019). Hasil PISA Tunjukkan Perspektif Pendidikan Indonesia. Antara News.

Jayani, D. H. (2019). Kemampuan Siswa Indonesia di Bawah Rata-rata OECD. Retrieved from https://katadata.co.id/infografik/2019/12/16/kemampuan-siswa-indonesia-di-bawah-rata-rata-oecd

Khasanah, N., Sekaringtyas, T., & Soleh, D. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar. Dinamika IPA Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Kristinawati, D., Akbar, S., & Mahanal, S. (2017). Implementasi Model Brain Based Learning dengan Mind Map Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(11), 637–644.

Kurniasih, & Sani. (2017). Pagam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profsionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, H., Ayub, S., & Hikmawati. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat ( STM ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(3), 111–115.

Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98.

Putra, I. W. W. G., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–9.

Sai, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Internet Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 37–54.

Santyasa, I. W. (2015). Pendidikan Agama Hindu. Singaraja.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Wahyuningsih, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 26–33.

Wibisana, I. K., Kusmariatni, N. N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 66–75.

Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 332–340.

Wijaya, & dkk. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 149–156.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

Issue

Section

Articles