Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Inggit Pragasuri Subakthi Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25137

Keywords:

quantum teaching, permainan tradisional, IPA.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui implementasi model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu quasi eksperiment dirancang dengan Non Equivalen Post-Test Only Kontrol Grup Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng dan terdiri dari 5 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini terdiri SDN 1 Petandakan yang terdiri dari 28 siswa (eksperimen) dan SDN 1 Nagasepaha yang terdiri dari 31 siswa (kontrol). Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan objektif sebanyak 30 soal. Analisis data melalui tahap analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitiaan ini menunjukkan yaitu nilai hitung sebesar 3.21 dan nilai tabel sebesar 2.0. Artinya bahwa thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Dapat disimpulkan dengan, terdapatnya pengaruh dari hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradidional dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.

Author Biographies

Inggit Pragasuri Subakthi Putri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

N. Dantes, Universitas Pendidikan Ganesha

BK

K. Suranata, Universitas Pendidikan Ganesha

BK

References

Agung, A. G. A. (2016). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Azizah, I. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV Min Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian, 16.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Ketenagakerjaan.

Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja-Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2001. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Bandung : Penerbit Kaifa

DePoter, B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Devi, Frita Asriyanti dan Lilis Arinatul Janah. 2018. Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Volume 3, Nomor 2, Desember 2018. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/5021/3530.

Dilanisa. 2011. Mengenal Permainan Tradisional. Bandung: Mawar Putra Perdana

Dwi Cahyaningrum, Yahya AD , dan Ardian Asyhari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02 (3) (2019) 372-379. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4363/2818

Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarya: AR-RUZZMEDIA.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan. Singaraja-Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Lukad, Valiant Perdana Sutrisno dan Budi Tri Siswanto. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8118/6872

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2010 (157-172)

Malawi, I., & Juwarti. (2013). Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Learning Type Make A-Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 01 Manisrejo Kota Madiun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mega , Gustiana Anggitaa, Siti Baitul Mukarromahb dan Mohammad Arif Ali. 2018. Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOURNAL OF SPORT SCIENCE AND EDUCATION (JOSSAE) VOL: 3, NO: 2 OCTOBER (2018). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/download/3392/2421

Muijs, D & Rcynols, D. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rose, Colin, dkk. 3003. Accelerated Learning: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa

Sitti Nurhayati. (2011). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Tahapan belajar TANDUR. Skripsi (online). Diterbitkan. Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sudijonon, Anas. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Supramono, Agus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 4, Nomor 2, Jul-Des 2016 ISSN: 2339-0749. http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/download/2401/1886

Susanti, Evy Rosalina. 2011. Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ips kelas v mi islamiyah kebonsari kota malang. http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/penerapan-pendekatan-quantum-learninguntuk-meningkatkan-aktivitas-dan-hasil-belajar-ips-siswa-kelas-iv-sdnbangoan-1-kabupaten-tulungagung-enggar-fitrianingrum-53693.html

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48-55.

Wahyu Merthayasa, Ketut Adnyana Putra dan I Nengah Suadnyana. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Pada Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7551/5159

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara.

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovasi Konteporer. Bumi Aksara. Jakarta.

Yahya, Husniyati. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017 hal. 155-166. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3455/3248.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Subakthi Putri, I. P., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 186–196. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25137

Issue

Section

Articles