Hasil Belajar Matematika melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka di SD

Authors

  • Putu Mira Novita Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558

Keywords:

CTL, masalah terbuka, hasil belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika serta dituntutnya kemampuan siswa untuk mengembangakan kemampuan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Masalah Terbuka terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non- Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas IV Gugus VII di Kecamatan Sukasada sebanyak 126 orang sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 47 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes essay. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa besar signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Dengan adanya perbedaan yang signifikan ini membuktikan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Masalah Terbuka terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VII. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, penelitian ini memiliki implikasi antara lain: Bagi Siswa (Model CTL Berbasis Masalah Terbuka memberikan kesempatan kepada siswa lebih banyak untuk berlatih menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permasalahan Matematika). Bagi Guru (mampu menerapkan Model Pembelajaran CTL Berbasis Masalah Terbuka pada mata pelajaran lain) dan Bagi Sekolah (alternative untuk meningkatkan kualitas akademik).

Author Biographies

Putu Mira Novita Sari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Desak Putu Parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

TP

Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, Universitas Pendidikan Ganesha

TP

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Amalia, Y. & R. (2019). Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan Media Pohon Hitung terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung. International Journal of Elementary Education, 3(2), 186–1931.

Aqib. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRAMA WIDYA.

Djaali & Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Hendra, G. (1998). Kurikulum Matematika Pra Universitas.

Herawati, A. dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Pohon Matematika Pada Materi Bangun Datar Segitiga Dan Segiempat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII-5 Smp Negeri 13 Balikpapan.

Japa, I. G. . & I. M. S. (2012). Pembelajaran Matematika SD. Singaraja: Undiksha.

Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Karim. (2015). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Siwalempu melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)”. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(2).

Listiani, N. W. dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Metakognitif Berbasis Masalah Terbuka Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 8 Blahbatuh. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (2(1).

Mahendrawati, Ni Pt Eka, Kt. Pudjawan, & M. S. (2016). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).

Matondang, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Program Pascasarjana Unimed. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/1600/1/Fulltext.pdf

Nana, S. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Ni L. Pt. Deni Purnamayanti, I Wyn. Wiarta, & I. G. A. O. N. (2014). Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Kartu Bilangan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 8 Mengwi. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2).

Rahmawati ES, Y. & I. H. (2014). Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1).

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saefudin, A. A. (2011). Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar (SD) Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Terbuka.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suciastini. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Sukasada. Jurnal PGSD, 1(1).

Suharta, I. G. P. (2004). “Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana.”

Suherman, E. (2003). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Educare, 2(20), 52–57.

Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. (PT.Raja Grafindo Persada, Ed.). Jakarta.

Sumantri, S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Singaraja: Undiksha.

Supardi U.S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan, (2).

Sutardi, D. dan Sudirjo, E. (2007). Pembaharuan dalam PBM di SD. Bandung: UPI Press.

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (1).

Zain, S. B. D. dan A. (2002). Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Hasil Belajar Matematika melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248–256. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558

Issue

Section

Articles