Motivasi dan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan

Authors

  • Ni Ketut Mira Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25622

Keywords:

scramble, motivasi, hasil belajar IPA

Abstract

Siswanya dalam kegiatan pembelajaran hanya menerima saja materi yang diajarkan oleh guru, tanpa memahami permasalahan maupun menyelidiki permasalahan untuk menemukan jawabannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 orang siswa yang merupakan seluruh kelas V. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 27 orang kelas V SD Negeri 1 Banjar Tegal sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Baktiseraga sebagai kelompok kontrol berjumlah 26 orang dipilij denga menggunakan teknik random sampling.  Pengumpulan data variabel motivasi belajar menggunakan kuesioner motivasi belajar dan variabel hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik analisis multivarians (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat yang signifikan pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan terhadap motivasi belajar (F=62,487, dengan Sig. < 0,05); 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan terhadap hasil belajar IPA (F= 18,344, dengan Sig. < 0,05); 3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA (F= 30.964, dengan Sig. < 0,05). Jadi, dengan adanya model model pembelajaran Scramble mempengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar.

Author Biographies

Ni Ketut Mira Adnyani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ketut Pudjawan, Universitas Pendidikan Ganesha

BK

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Artini, Anak Agung Ayu Sri Vidya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelass V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal PGSD Undiksha, Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.

Astriani, L Widi dan I Km Sudarma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA siwa kelas V gugus II Kecamatan Kubutambahan. Jurnal Pedagogik dan Pembelajaran. Vol 2.

Azizah, Nur. 2018. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Scramble Pada Siswa Kelas IIIB SDN 24 Temmalebba Kota Palopo.

Citrasmi, Ni Wayan, I Nyoman Wirya, dan I. M. T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung. E-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Ernayanti, Luh Gede Dita, I Nyoman Dantes, Desak Putu Parmiti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD di Gugus III Tambora Kecamatan Melaya. e-Journal PGSD Undiksha Singaraja. Vol 4. No. 1.

Farida, Umul, dkk. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ips Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kebondalem 01 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3). 192-199.

Gull F., Shehzad S. 2015. Effects of Cooperative on Students academic Achievement. Journal of Education and Learning. Vol 9 (3).

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), (90-96).

Isik, Dillek dan Tarim Kamuran. 2009. The Effects of Cooperative Learning Method Supported by Multiple Intellegence Theory of Turkish Elementary Study Mathematics achievement. Education Research Insitute, Seoul National University, Seoul, Korea.

Murti, I. G. A. (2016). Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus I Kecamatan Nusa Penida Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Pertiwi, Komang Ari, I Gusti Ngurah Japa, I Kadek Suartana. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Bermuatan Budaya Lokal Terhadap Motivasi belajar dan hasil belajar IPS Kelas V SD Gugus XIII Kecamatan Tejakula. e-Journal PGSD Undiksha

Putra Pande Adi, A.A. Gede Agung, dan N. M. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Permainan Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sangsit. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Ramadani, Ni Km Triana, N. W. A. dan I. N. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Dauhwaru Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Saridewi, Ni Made Putri, dan N. N. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD No. 3 Legian. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3).

Suryanta, I Made, Ida Bagus Gede Surya Abadi, I. A. S. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Suyatno. 2009. Menjelajah Seratus Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia

Sya’ban, Veni Melia. 2016. Pengaruh Motede Scramble Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Rejowinangun 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Parveen, Qaisara. 2012. Effect of Cooperative Learning on Achievement of Students in General Science at Secondary Level. Internasional Education Studies Vol. 5 No 2.

Rasana, I Dewa Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Tran, Van Dat. 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Acamedic Achievement and Knowledge Retention. Internasional Journal of Higher Education. Vol. 3. No. 2.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiandariyani, Ni Putu Yanti, Nyoman Dantes, dan T. R. P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 dan 3 Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1).

Widi, A. widi & E. S. (2019). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Angkasa.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2019. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Angkasa

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Adnyani, N. K. M., Pudjawan, K., & Japa, I. G. N. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 270–287. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25622

Issue

Section

Articles