INTERAKSI ANGGOTA KARANG TARUNA BHAKTI PERTIWI DALAM PENGEMBANGAN WISATA ANDEMAN BOONPRING DI DESA SANANKERTO KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.18006

Keywords:

Interaksi Karang Taruna, Pengembangan Wisata, Andeman Boonpring

Abstract

Karang taruna Bhakti Pertiwi memiliki kegiatan utama mengelola wisata desa dalam bentuk eko wisata. Oleh karena itu tujuan artikel ini untuk menganalisis peran anggota karang taruna Bhakti Pertiwi dalam pengembangan wisata Andeman Boonpring di desa Sanankerto kecamatan Turen kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada tiga, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah dalam mengembangkan potensi wisata diperlukan kerjasama yang baik. Interaksi sangat penting untuk menjalin komunikasi yang dilakukan oleh orang perorangan untuk membangun suatu kerjasama. Karang taruna Bhakti Pertiwi dalam mengembangkan wisata Andeman Boonpring bekerjasama dengan BUMdes, Poktan, Pokdarwis dan masyarakat desa Sanankerto. Program kerja karang taruna Bhakti Pertiwi dalam pengembangan wisata antara lain spot foto, pembuatan galeri, bank sampah, penyewaan dekor, penyewaan sound system, pembuatan warung untuk relokasi pedagang. Semua itu bertujuan untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Andeman Boonpring.

Author Biography

Sukamto Sukamto, State University of Malang

References

Andriyani, I. A. A., 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Sosial.

Arif, R. M., 2014. Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Remaja Di Dusun Candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan.

Hasan, M. T., 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. malang: visipress.

Hermawan, H., 2016. Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata.

Kawalod, A. F., 2015. Peranan Organisasi Karang Taruna dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Suatu Studi Di Desa Tewasen, Desa Pondos, Desa Elusan, Desa Wakan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal Administrasi Publik.

Kurniasari, D., 2013. Peranan Organisasi Karang Taruna dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda Di Desa Ngembalrejo. Semarang. Unnes Civic Education Journal.

Mistio, F., 2012. Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling.

Moleong, l. j., 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya.

Munawaroh, M., 2017. Implementasi Pembangunan Desa Wisata Batik Desa Babagan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Narwoko, D. J., 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: kencana.

Philipus, 2006. Sosiologi dan Politik. jakarta: pt gafindo persada.

Pratama, F. F., 2018. Peran karang taruna dalam mewujudkan tanggung jawab sosial pemuda sebagai gerakan warga negara. Jurnal Media Kajian Kewarganegaraan.

Purnomo, A. & Aristin, N. F., 2016. Community Based Tourism Development for Sustainable Livelihoods in Lumajang-Malang Regency East Java. Jakarta, LIPI.

Purnomo, A. D., 2014. Peranan Pengurus Karang Taruna Meningkatkan (Studi Pada Organisasi Karang Taruna Di Dusun Sawahan Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. E-Journal Student UNY.

Purnomo, A., Ruja, I. N. & Irawan, L. Y., 2017. Typology of Tourist Bromo Tengger Semeru National Park as a Basic Planning Integrated Tourism Design. Bandung, IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science.

Rahmat, S. P., 2009. Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium.

Sawitri, n., 2014. Partisipasi Pemuda dalam Program Karang Taruna Desa (Studi Pada Pemuda Di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa).. Journal of non formal education and community empowerment.

Soekanto, S., 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. bandung: alfabeta.

Tanaya, R. D., 2014. Potensi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Di Kawasan Rawa Pening, Kabupaten Semarang. Jurnal Teknik PWK.

Widodo, A., 2017. Kesadaran ‘Karang Taruna’ dalam Melakukan Intervensi Komunitas Program Pemberdayaan ‘Sedekah Pohon Pisang’ Di Desa Gandri, Lampung Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.

Published

2020-09-26

Issue

Section

Articles