PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP COST OF CAPITAL (COC) DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIEBEL PEMODERASI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jinah.v2i2.1670Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap cost of capital (COC), serta kepemilikan institusional sebagai variabel yang memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap COC. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 125 sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis) untuk analisis data.
Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh antara pengungkapan CSR terhadap COC. Hal ini menunjukkan bahwa semakin luas pengungkapan CSR maka akan menurunkan COC. Hasil dari analisis MRA menyatakan bahwa Kepemilikan Institusional tidak memoderasi pengaruh CSR terhadap COC. Oleh karena itu, kepemilikan institusional tidak terbukti mampu memperkuat pengungkapan CSR perusahaan untuk memberikan informasi terhadap investor dan secara langsung dapat menurunkan COC.
Kata kunci : pengungkapan CSR, COC, Kepemilikan Institusional
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of disclosure of corporate social responsibility (CSR) towards the cost of capital (COC), as well as the institutional ownership variables that moderate the influence of CSR disclosure to the COC. This study used a purposive sampling technique and obtained 125 samples of the study. This study using MRA (Moderated Regression Analysis) for data analysis.
The results of this study indicate an influence of CSR disclosure of COC. This suggests that the more extensive disclosure of CSR it will reduce the COC. The results of the analysis of Institutional Ownership MRA states that did not moderate the effect of CSR on COC. Therefore, institutional ownership is proven to strengthen the company's CSR disclosure to provide information to investors and can directly reduce the COC.
Keywords: CSR disclosure, COC, Institutional Ownership