APAKAH UTANG DAN INVESTASI MEMPENGARUHI RASIO PEMBAGIAN DIVIDEN PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI?

Authors

  • Ni Kadek Sinarwati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v2i2.1674

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk menguji apakah Utang dan Investasi Mempengaruhi Rasio Pembagian Dividen Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan data yang dikumpulkan melalui metode dokumentasi. Data diperoleh di website remsi BEI yaitu www.idx.co.id.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dan dianalisis dengan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16. Hasil dari penelitian ini adalah Utang dan Investasi tidak berpengaruh terhadap Ratio Pembagian Dividen pada perusahaan Perbankan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tidak ada faktor yang lebih dominan pengaruhnya antara Utang dan Investasi.

Penelitian berikutnya disarankan agar mempertimbangkan variabel yang akan dijadikan sebagai variabel bebas, sehingga hasil penelitian akan menghasilkan pengaruh yang signifikan. Peneliti selanjutnya juga disarankan agar menambah jumlah sampel yang akan diteliti.

ABSTRACT

This article aims to examine whether the Debt and Invesment Affect Dividend Payout Ratio Banking Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange. To achieve that purpose, the data collected through the method documentation. Data obtained on the website of the Stock Exchange www.idx.co.id.

The data collected in this study were processed and analyzed by multiple regression analysis with SPSS for Windows version 16. Results from this study is Debt and Investment has no effect on Dividend Ratio on banking insurance companies listed on the Indonesia Stock Exchange and no factor is more dominant influence between Debt and Investment.

Subsequent research suggested that considering the variables that will be used as independent variables, so the results of the research will result in a significant effect. Subsequent researchers also suggested that increasing the number of samples to be studied.

Kata Kunci: Utang, Investasi, Rasio Pembagian Dividen.

Downloads

Published

2013-06-01

Issue

Section

Articles