PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jinah.v2i2.1679Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan dimoderasi oleh corporate governance. Dewan direksi, komisaris independen dan komite audit adalah proksi dari corporate governance. Pengujian dilakukan pada 45 perusahaan yang terdaftar dalam indeks kompas 100 yang melakukan pengungkapan tanggung jawab social.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba signifikan berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan penelitian ini dapat memberikan bukti bahwa komite audit dapat memoderasi hubungan antara manajemen laba dan pengungkapan tanggung jawab sosial. Ukuran perusahaan sebagai variable control juga berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab social perusahaan. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa tanggung jawab social perusahaan merupakan bagian dari managerial entrenchment strategy bagi perilaku opportunistic manajemen untuk mendapat dukungan dari stakeholders. Keberadaan dan perluasan peran komite audit yang terkait pada tindakan corporate berperan penting untuk menjamin akuntabilitas dari strategi dan implementasi tanggung jawab sosial.
KataKunci: Manajemen Laba, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Corporate Governance
ABSTRACT
This study examined the effect of earnings management on the disclosure of corporate social responsibility to be moderated by corporate governance. Board of directors, independent directors and audit committees are proxies of corporate governance. Tests were conducted at 45 companies listed in the index 100 compass that does social responsibility disclosure.
These results indicate that earnings management significantly positive effect on social responsibility disclosure and this study may provide evidence that audit committees may moderate the relationship between earnings management and social responsibility disclosure. Firm size as control variable also has a positive effect on the disclosure of
corporate social responsibility. The findings of this study indicate that corporate social responsibility is part of the managerial entrenchment
strategy for opportunistic behavior management for the support of stakeholders. The existence and expansion of the role of audit committees related to corporate actions play an important role to ensure the accountability of the strategy and implementation of social responsibility.
Keywords: Earnings Management, Disclosure of Corporate Social Responsibility, Corporate Governance