PEMILIHAN MET0DE AKUNTANSI PERSEDIAAN DAN PENGARUHNYA PADA EARNING PRICE RATIO (Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2016 -2018)

Authors

  • Zihan Zahirah
  • Norita Citra Yuliarti
  • Ach. Syahfrudin Syahfrudin

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v9i2.20577

Abstract

Inventaris adalah salah satu kegiatan di lapangan yang harus dikelola dengan baik. Salah satu makna penting dari pemilihan metode akuntansi persediaan adalah untuk proses pengendalian persediaan untuk memenuhi keinginan investor terkait dengan nilai pasar perusahaan, sehingga dalam memilih metode itu akan memberikan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor.
Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara yang berarti telah diperoleh dan direkam oleh pihak lain. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan secara manual. Ini berarti bahwa data yang dikumpulkan dihitung menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode pemilihan metode akuntansi persediaan dan ada perbedaan antara perusahaan yang menggunakan FIFO dan metode akuntansi persediaan rata-rata dan hasilnya menunjukkan penggunaan yang lebih tinggi dari metode akuntansi persediaan rata-rata tertimbang.

Downloads

Published

2019-09-05

Issue

Section

Articles