PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Desta Retno Mudma’inah, Diyah Probowulan, Ibna Kamelia FA

Abstract


Studi ini menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen pada nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2016-2018, di mana jumlah perusahaan yang terdaftar di BEI adalah 144 perusahaan dan sampel akhir adalah 15 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemilikan manajerial mempengaruhi nilai perusahaan; 2) Kepemilikan institusional tidak mempengaruhi nilai perusahaan; 3) Keputusan investasi mempengaruhi nilai perusahaan; 4) Keputusan pendanaan mempengaruhi nilai perusahaan; 5) Kebijakan dividen mempengaruhi nilai perusahaan; dan 6) Kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen secara simultan mempengaruhi nilai perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiah.v9i2.20578

Article Metrics

Abstract view : 1123 times
PDF file view : 1266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika is published by:


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika is indexed by:

   

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.