PENGARUH PEMANFAATAN INTERMEDIA DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PENGANTAR I

Authors

  • I Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v3i1.2162

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemanfaatan intermedia antara mahasiswa yang memiliki AQ tinggi dan AQ rendah terhadap hasil belajar Akuntansi Pengantar 1. Penelitian  kuasi eksperimen ini menggunakan post test only control group design dengan analisis data menggunakan ANOVA faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi pengantar 1 antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan memanfaatkan intermedia dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan secara konvensional. Kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan memanfaatkan intermedia hasil belajarnya lebih baik daripada kelompok yang tidak memanfaatkan intermedia. Kedua, terdapat perbedaan hasi belajar akuntansi pengantar antara mahasiswa yang memiliki AQ tinggi dan kelompok mahasiswa yang memiliki AQ rendah. Mahasiswa yan memiliki AQ tinggi lebih unggul daripada mahasiswa dengan AQ rendah. Ketiga, terdapat interaksi antara pemanfaatan intermedia dan Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar akuntansi pengantar 1.

Kata Kunci: Intermedia, Adversity Quotient, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

This study aimed to assess the effect of the use of intermedia between students with high and low AQ AQ on learning outcomes of Accounting Introduction 1. This quasi-experimental study using a post -test only control group design to data analysis using 2x2 factorial ANOVA. The results showed Firstly, there are differences in learning outcomes between student groups who learned with utilizing intermedia and student groups that learned conventionally. Student group that learned with intermedia had learning outcomes better than the group who did not take advantage of intermedia. Second, there is a difference between students learning goal should have a high AQ and AQ groups of students who had low. Students have a high AQ yan superior than students with low AQ. Third, there was an interaction between the use of intermedia and Adversity Quotient ( AQ ) to the introduction of accounting learning outcomes 1

 

Key Words: Intermedia, Adversity Quotient, Learning Outcomes

Downloads

Published

2014-01-01