Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Upacara Ngaben Keluarga“Nyama Sanggah” Pekarangan Arya Nyuh Aya Di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kelungkung Bali

Penulis

  • Made Sandi Merta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Trisna Herawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v12i1.36607

Kata Kunci:

Transparansi, Akuntabilitas, Ngaben Keluarga

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Latar belakangi Pekarangan Arya Nyuh Aye memilih upacara ngaben keluarga “nyama sanggah”, dan (2) Pertanggungjawaban yang diterapkan dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolan keuangan upacara ngaben keluarga “Nyama sanggah”. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang didapat melalui wawancara, dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni (1) belakang Pekarangan Arya Nyuh Aye memilih upacara ngaben keluarga “nyama sanggah” yaitu: (a) Upaya percepatan pelaksaan upacara ngaben untuk menghindari leluhurnya menjadi bhutacuil; (b) adanya pihak pemokok, memeberikan manfaat keringanan waktu pembayaran bagi keluarga duka; (c) Untuk mengangkat eksistensi keluarga Arya Nyuh Aya di Pasurungan menuju tingkat dadia dengan membangun rasa solidaritas dan budaya metulungan (gotong royong). (2) Pertanggungjawaban yang diterapkan sangat sederhana yakni dari buku catatan keuangan yang di perlihatkan dan disampaikan secra lisan kepada seluruh krama Arya Nyuh Aya.

Referensi

Atmadja, A. T. D. (2013). Akuntansi Manajemen Sektor Publik. Universitas Pendidikan Ganesha.

Bastian, I. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, S. S. (2001). Budgeting Penganggaran: Perencanaan Lengkap. PT. Raja Grafindo Persada.

Koppel, J. G. (2005). Pathologies Of Accountability: ICANN and the Challenge Of Multiple Accountabilities Disorder. Yale School Of Management. Public Administration Review.

Kristianten. (2006). Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta: Rineka Cipta.

Mubarak, W. I. (2007). Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistiani, L. P. D., Atmadja, A. T., SE, A., & ... (2017). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Punia di Dadia Prebali, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal …, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/10747%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/viewFile/10747/6851

Surpha, I. W. (2002). Seputar Desa Pekraman dan Adat Bali. Denpasar: PT. Offset.

Diterbitkan

2022-08-13

Terbitan

Bagian

Articles