Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Peturunan dalam Kegiatan Piodalan Pura Khayangan Tiga di Desa Adat Alapsari Desa Jinengdalem

Authors

  • Komang Erna Andriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anantawikrama Tungga Atmadja Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v12i1.37009

Keywords:

accountability, financial management, peturunan transparency

Abstract

Peturunan adalah suatu iuran wajib dimana para warga diwajibkan membayar sebesar nominal yang disepakati sesuai dengan kriterianya. Desa Adat sebagai sebuah organisasi non publik yang mengelola dana peturunan, haruslah melakukan pertanggungjawaban terkait akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :  (1) bagaimana sistem pengelolaan dana peturunan. (2) bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana peturunan dalam kegiatan piodalan Pura Khayangan Tiga di Desa Adat Alapsari. Penelitian ini dilakukan di Desa Adat Alapsari, Desa Jinengdalem, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil peneliian ini menyatakan bahwa : (1) proses pengelolaan keuangan dana peturunan yang dilakukan Desa Adat Alapsari yaitu melalui beberapa tahapan yaitu penerimaan, pemakaian, dan pelaporan. (2) Akuntabilitas dalam pengelolaan dana peturunan sudah mencakup transparansi, kewajiban, kontrol, responsibilitas, dan responsivitas

References

Atmadja, A. T. D. (2013). Akuntansi Manajemen Sektor Publik. Universitas Pendidikan Ganesha.

Peraturan Gubernur Bali Nomor 34 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Adat Di Bali Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Keuangan Desa Adat, (2019).

Koppel, J. G. (2005). Pathologies Of Accountability: ICANN and the Challenge Of Multiple Accountabilities Disorder. Yale School Of Management. Public Administration Review.

Kumalawati, D. D., & Atmadja, A. T. (2020). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Iuran Dana Patis (Studi Kasus Pada Desa Adat Cau). JIMAT (Jurnal Ilmiah …, 11(2), 77–88. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/24959

Pratama, I Gusti Agung Wahyu Krisna Mukti, Atmadja, A. T. (2020). Kearifan Budaya Lokal Pangentos Ayahan Adat ( Studi Kasus Pada Desa Adat Padang Bulia Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng ) Program Studi Akuntansi S1. 1, 474–486.

Sugiarti, R. (2015). Implementasi Sistem Penagihan Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Rungkut. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Winiasih. (2019). Tinjauan Mengenai Sanksi Adat Dalam Konteks Pengelolaan Keuangan Banjar Adat. Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2022-08-13

Issue

Section

Articles