Efektivitas Pengendalian Internal Sistem Penggajian berdasarkan Analisis PIECES pada Perusahaan Daerah Provinsi Bali Unit Perkebunan Pekutatan

Authors

  • Ni Komang Aprilia Enisari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Julianto Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v12i1.37207

Keywords:

analysis PIECES, effectiveness of internal control, payroll system

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengetahui pengendalian internal sistem penggajian pada Perusahaan Daerah Provinsi Bali Unit Perkebunan Pekutatan, 2.) Mengetahui efektivitas pengendalian internal sistem penggajian menggunakan metode analisis PIECES pada Perusahaan Daerah Provinsi Bali Unit Perkebunan Pekutatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada Kepala Unit, Kepala Divisi Keuangan, Kepala Divisi Personalia, dan Karyawan Perusahaan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan penggajian dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penggajian pada Perusahaan Daerah Provinsi Bali Unit Perkebunan Pekutatan sudah memiliki pengendalian internal yang baik. Implementasi analisis PIECES pada sistem penggajian Perusahaan Daerah Provinsi Bali Unit Perkebunan Pekutatan menunjukkan analisis economic dan efficiency belum efektif, sedangkan analisis performance, information, control, dan service sudah diimplementasikan dengan baik.

References

Afansyah, S., Praptiningsih, & Setiawan, A. (2021). Efektivitas pengendalian internal sistem penggajian pada badan pusat statistik provinsi dki jakarta. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2, 1135–1150.

Anastasia, D., & Setiawati, L. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Bentley, W. (2007). Systems Analysis and Design Methods.

Cushing, B. (1982). Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Perusahaan (Terjemahan Oleh Ruchyat Kosasih).Jakarta: Erlangga.

George, H. B., & Hopwood, W. S. (2000). Sistem Informasi Akuntansi (Terjemahan Oleh Amir Abadi Jusuf). Jakarta: Salemba Empat.

Medayanti, P. S. (2018). Analisis Sistem Pengendalian Intern Pada Sistem Penggajian Karyawan Aneka Lovina Villas & Spa. Universitas Pendididkan Ganesha.

Prasetya, A., Dzulkirom, M., & Zahroh, Z. A. (2017). Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern ( Studi Kasus Pada PT Selecta Kota Batu ). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 203–212.

Puspitawati, L., & Anggadini, S. D. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Graha Ilmu.

Sari, A. P. (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern Pada Pt Srikandi Inti Lestari Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sari, Y. C. (2020). Evaluasi Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Dalam Mendukung Efektivitas Pengendalian Internal (Studi Kasus Pada Pt Sutrajaya Indahtama Tanggulangin Sidoarjo). Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Shakti, I. A. (2017). Analisis Penerapan Dan Efektivitas Sistem Akuntansi Penggajian Pada CV Andi Offset Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta.

Tullah, & Hanafri. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I.

Downloads

Published

2022-08-13

Issue

Section

Articles