APAKAH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MAMPU MENINGKATKAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS MAHASISWA?

Authors

  • Ni Kadek Sinarwati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v3i2.4055

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa melalui penerapan Model Pembelajaran kooperatif dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas A yang mengambil mata kuliah Akuntansi Biaya yang berjumlah 36 orang. Data yang dikumpulkan adalah indikator soft skills, indikator hard skills mahasiswa, persepsi mahasiswa dan kendala yang ditemui dalam penerapan model pembelajaran. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan kuisioner yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa dan mahasiswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan.

Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif layak untuk dicoba diterapkan pada mata kuliah lainnya. Agar penerapan model pembelajaran ini dapat memberikan hasil yang lebih optimal disarankan memberikan tindakan dengan cara-cara yang lebih efektif serta menambah atribut soft skills dan hard skills.

Kata Kunci: Hard Skills, Soft Skills, Model Pembelajaran Kooperatif

ABSTRACT

The purpose of this research is to increase soft skills and hard skills of students through the implementation of cooperative learning model and describe students response to the application of cooperative learning model.

This study is a class   room action, the subject of this study is the second semester students who took the class A Cost Accounting courses totaling 36 people. The data collected are indicators of soft skills, hard skills indicators of students, students' perceptions and obstacles encountered in the implementation of the learning model. Data obtained by using observation and questionnaires were then analyzed using descriptive analysis techniques.

The results showed that the implementation of Cooperative Learning Model to can increase soft skills and hard skills of students and students responded positively to the learning model is applied.

The implication of this study is that the implementation of Cooperative Learning Model worth trying applied to other subjects. In order for the application of this learning model can provide more optimal results suggested giving act in ways that are more effective and increase the attributes of soft skills and hard skills.


Keywords: Hard Skills, Soft Skills, Cooperative Learning Model

Downloads

Published

2014-06-01

Issue

Section

Articles