ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA SIKLUS PEMBELIAN (Studi Kasus Pada The Wing Ed-Hotel)

Authors

  • Ayu Dwi Yulianthi Ni Wayan Wahyu Astuti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4603

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan utama dalam siklus pembelian adalah untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi. Sebagai tambahan, pihak manajemen harus mampu mengawasi dan mengevaluasi efisiensi serta efektivitas proses siklus pembelian , yang membutuhkan kemudian akses ke data terinci mengenai sumber daya yang di gunakan dalam siklus pembelian, kegiatan yang mempengaruhi sumber daya tersebut, serta pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya, agar dapat berguna dan relevan untuk pengambilan keputusan, data harus akurat, andal, dan tepat waktu. Analisa terhadap sistem pengendalian siklus pembelian perlu dilakukan agar dapat mengetahui apakah sistem pengendalian internal yang diterapkan perusahaan sudah cukup baik sehingga tujuan utama dari siklus pembelian dapat tercapai.

Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif yang mengarah pada studi kasus. Penelitian ini lebih menggambarkan fenomena atas obyek yang diteliti, dalam hal ini adalah analisis sistem pengendalian internal atas siklus pendapatan yang ada pada The Wing Ed-Hotel. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, fenomena atas obyek dianalisis dan dievaluasi untuk menemukan kemungkinan adanya suatu permasalahan serta memberikan beberapa saran yang mendukung.

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum pengendalian internal atas siklus pendapatan yang ada sudah cukup efektif. Namun ada beberapa kelemahan dari segi pengendalian organisasional. Hal ini disebabkan karena kondisi keuangan The Wing Ed Hotel yang lemah sehingga perlu dilakukan pengurangan jumlah karyawan yang menyebabkan terjadinya perangkapan jabatan. Saran peneliti, jika kondisi keuangan sudah semakin kuat, diharapkan untuk dilakukan penerimaan karyawan baru lagi, sehingga tidak terjadi perangkapan jabatan yang penting.

ABSTRACT

 

1428

The main objective in the buying cycle is to minimize the total cost of obtaining and maintaining supplies, equipment, and a variety of services that organizations need to function. In addition, the management must be able to monitor and evaluate the efficiency and effectiveness of the buying cycle, which requires then access to detailed data about the resources used in the buying cycle, which affects the activity of these resources, as well as the actors involved in these activities. Furthermore, in order to be useful and relevant to decision-making, the data must be accurate, reliable, and timely. Analysis of the buying cycle control system needs to be done in order to determine whether the internal control system applied by the company is good enough so that the main purpose of the buying cycle can be achieved.

Type of research is descriptive research that led to the case study. This study describes the phenomenon on the object under study, in this case is the analysis of the internal control system over existing revenue cycle on The Wing Ed-Hotel. The data obtained through observation, interviews, and documentation. After that, the phenomenon of objects are analyzed and evaluated to find the possibility of a problem and give some suggestions that support.

Based on the evaluation that has been done, it can be concluded that the overall internal control over revenue cycle that is already quite effective. But there are some disadvantages in terms of organizational control. This is due to the financial condition of The Wing Ed Hotel weak so necessary to reduce the number of employees that lead to have a position. Suggestions researchers, if the financial condition is getting stronger, is expected to be acceptance of new employees again, so there is no significant concurrent positions.

Downloads

Published

2014-12-01