PENGARUH MODAL INTELEKTUAL PADA NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jinah.v2i1.552Abstract
Abstrak
Kemajuan teknologi dan informasi menyebabkan perkembangan ekonomi saat ini dikendalikan oleh informasi dan pengetahuan, hal ini membawa sebuah peningkatan perhatian pada modal intelektual. Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris pengaruh modal intelektual pada nilai perusahaan. Modal intelektual dihitung dengan Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM ) dan nilai perusahaan diukur dengan price to book value (PBV). Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh sebanyak 25 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008 sampai dengan 2010. Teknik analisis data menggunakan multiple regression analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa konstanta sebesar 0,137 dan nilai signifikansi sebesar 0,032 yang lebih kecil dari a (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa modal intelektual berpengaruh positif pada nilai perusahaan.
Kata kunci: Modal Intelektual, Nilai Perusahaan, Value Added Intellectual Coefficient, Price to Book Value
Abstract
Advances in technology and information led to the current economic development driven by information and knowledge, it brings an increased attention on intellectual capital. The purpose of this study was to test empirically the effect of intellectual capital on firm value. Intellectual capital is calculated by value added intellectual coefficient (VAICTM) and firm value measured by the price to book value (PBV)Based on purposive sampling method obtained by 25 companies banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2008 until 2010. Data analysis techniques using multiple regression analysis. The analysis showed that the constants of 0.137 and a significance value of 0.032 which is smaller than a (0.05). This suggests that the positive effect of intellectual capital on firm value.
Keyword: Intellectual Capital, Firm Value, Value Added Intellectual Coefficient, Price to Book Value