PENGARUH INFORMASI LABA, ARUS KAS DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI)

Authors

  • Jundan Adiwiratama

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v2i1.554

Abstract

Astrak

Pendapatan dan arus kas biasa digunakan oleh para pemegang saham sebagai salah satu pertimbangan untuk membuat keputusan berinvestasi. Disamping itu, investor juga mempertimbangkan karakteristik keuangan perusahaan, ukuran perusahaan yang dalam penelitian ini direpresentasikan dengan karakteristik keuangan perusahaan karena adanya perbedaan dalam data akuntansi pada beberapa perusahaan. Penelitian ini menguji pengaruh informasi laba, arus kas, dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode yang berakhir pada 31 Desember 2008 sampai 31 Desember 2010. Data dikumpulkan dari BEI dan ICMD tahun 2008, 2009 dan 2010. Hasil penelitian ini dengan menggunakan regresi berganda menunjukkan bahwa arus kas dari investasi, laba akuntansi, arus kas dari operasi, arus kas dari investasi dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada return saham perusahaan. Akan tetapi, arus kas aktivitas keuangan berpengaruh terhadap return saham.

Kata kunci: laba kotor, arus kas, ukuran perusahaan, ukuran perusahaan, return saham

Abstract

Earnings and cash flow used by shareholders as one of the considerations for making investment decisions. In addition, investors also consider the company's financial characteristics, firm size in this study are represented as the financial characteristics of firms because of differences in accounting data in several companies. This study examines the effect of information content on earnings, cash flows, and the size of the company's to stock return. This is sample using purposive sampling method in manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange by for the period ended December 31, 2008 until December 31, 2010. Data collected from the Indonesia Stock Exchange and Indonesian Capital Market Database 2008, 2009, and 2010. The results of this study using multiple regression showed that the cash flow from operating activities, accounting profit, cash flows from operating, cash flow from investing and company size no affect on return of the company's stock. While cash flow financing activities had effect on  stock return.

 

Key words: Gross profit, cash flow, firm size, stock return

Downloads