Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.64097Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2019-2021. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 67 perusahaan manufaktur ditentukan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap praktik manajemen laba. Sementara itu, pengungkapan corporate social responsibility dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi profitabilitas dan leverage perusahaan, maka semakin tinggi pula praktik manajemen laba yang akan dilakukan perusahaan. Sedangkan kenaikan atau penurunan pada pengungkapan corporate social responsibility dan ukuran perusahaan tidak akan berpengaruh terhadap praktik manajemen laba.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Gusti Putu Ari Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.