PENERAPAN APLIKASI E-REKON&LK DALAM PROSES REKONSILIASI DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SINGARAJA

Authors

  • A.A.A. Made Arianti Suryani Program Studi Akuntansi Program Diploma III, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/vjra.v8i2.21718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi e-Rekon&LK dalam proses rekonsiliasi dan penyusunan laporan keuangan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Singaraja. Subyek penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Singaraja dan obyek penelitian ini adalah penerapan aplikasi E-Rekon&LK dalam proses rekonsiliasi dan penyusunan laporan keuangan. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan penerapan aplikasi e-Rekon&LK telah dilakukan dengan baik, melalui beberapa tahap dan proses yang sangat detail. Tahap-tahapannya sangat terstruktur dari pengunggahan Arsip Data Komputer (ADK) sampai terbitnya Laporan Keuangan dan telah sesuai dengan peraturan menteri keuangan dan standar operasional prosedur. Namun dalam menerapkan aplikasi e-Rekon&LK ini terdapat beberapa hambatan yang terjadi, diantaranya : kurangnya ketelitian pihak satuan kerja dalam penginputan data sehingga menyebabkan data SAI dan SABUN tidak sama yang berakibat proses rekonsiliasi terhambat, pada masa pengunggahan ADK kembali yang tidak dilakukan oleh pihak satuan kerja sehingga mengakibatkan adanya surat pemberitahuan pengenaan sanksi (SP2S), dan terkadang jaringan internet yang tidak stabil mengakibatkan satuan kerja harus datang ke KPPN untuk mengupload data atau meminta tanda tangan untuk Berita Acara Rekonsiliasi.

Downloads

Published

2019-10-31

Issue

Section

Articles