PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KINERJA KEUANGAN, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Laporan Keberlanjutan Perusahaan BUMN tahun 2013-2017)

Gusti Ayu Wulandita Yuliawati, Made Arie Wahyuni, I Gede Agus Pertama Yudantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kinerja keuangan, dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan BUMN yang listing di BEI tahun 2013-2017. Melakukan studi empiris pada laporan keberlanjutan perusahaan BUMN untuk mengetahui efektifitas pengungkapan sosial dan lingkungan dengan berpedoman pada Global Reporting Initiative G4 melalui tiga variabel dependen tersebut. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel adalah 10 perusahaan yang terpilih melalui teknik purposive samplingdengan total 50 sampel dari 5 tahun pengamatan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan penyajian data dibantu dengan program Statistical Package for Social Science (SPSS) 24.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan, Kinerja Keuangan berpengaruh positif terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan, dan Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan perusahaan, serta ukuran perusahaan, kinerja keuangan dan kepemilikan institusional secara bersama – sama berpengaruh positif terhadap Pengungkapan Sosial dan Lingkungan Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/vjra.v9i1.24824

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF file view : 419 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi



Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



VOKASI : JURNAL RISET AKUNTANSI indexed by:

 Crossref      Akreditasi SINTA 5


Creative Commons License
Vokasi : Jurnal Riset Akutansi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.