PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, TEKNOLOGI INFORMASI, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

Authors

  • I Made Adwityam Dewantara
  • Putu Ekadianita Marvilianti Dewi
  • Anantawikrama Tungga Atmadja

DOI:

https://doi.org/10.23887/vjra.v9i1.24826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, teknologi informasi, gaya kepemimpinan, dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan instrumen dalam pengukurannya dan mengolahnya secara statistik. Penelitian ini dilakukan pada CV Tenaga Inti Sangsit dan CV. Bima Sakti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CV Tenaga Inti Sangsit dan CV. Bima Sakti sejumlah 80 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh/total sampling, sehingga jumlah sampel sama dengan populasi yakni 80 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS.

Hasil penelitian menyatakan bahwa partisipasi anggaran, teknologi informasi, gaya kepemimpinan, dan kepuasan kerja secara individual masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV Tenaga Inti Sangsit dan CV. Bima Sakti. Penelitian ini berimplikasi bahwa diperlukan adanya partisipasi pimpinan dalam penyusunan anggaran dan hendak diterapkan kepemimpinan yang partisipasif. Selain itu, perusahaan hendak menerapkan teknologi informasi dan karyawan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kerja.

Downloads

Published

2020-05-11

Issue

Section

Articles