PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, TEKNOLOGI INFORMASI, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN

I Made Adwityam Dewantara, Putu Ekadianita Marvilianti Dewi, Anantawikrama Tungga Atmadja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, teknologi informasi, gaya kepemimpinan, dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan instrumen dalam pengukurannya dan mengolahnya secara statistik. Penelitian ini dilakukan pada CV Tenaga Inti Sangsit dan CV. Bima Sakti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CV Tenaga Inti Sangsit dan CV. Bima Sakti sejumlah 80 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh/total sampling, sehingga jumlah sampel sama dengan populasi yakni 80 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS.

Hasil penelitian menyatakan bahwa partisipasi anggaran, teknologi informasi, gaya kepemimpinan, dan kepuasan kerja secara individual masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV Tenaga Inti Sangsit dan CV. Bima Sakti. Penelitian ini berimplikasi bahwa diperlukan adanya partisipasi pimpinan dalam penyusunan anggaran dan hendak diterapkan kepemimpinan yang partisipasif. Selain itu, perusahaan hendak menerapkan teknologi informasi dan karyawan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kerja.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/vjra.v9i1.24826

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF file view : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi



Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



VOKASI : JURNAL RISET AKUNTANSI indexed by:

 Crossref      Akreditasi SINTA 5


Creative Commons License
Vokasi : Jurnal Riset Akutansi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.