Pengaruh Digitalisasi UMKM, Persepsi Atas Informasi Akuntansi, dan Prinsip Going-Concern Terhadap Efektivitas Pelaporan Keuangan UMKM sesuai SAK EMKM

Penulis

  • Putu Diah Pradnya Paramitha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Adi Yuniarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/vjra.v13i1.61332

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh parsial dari digitalisasi UMKM, persepsi atas informasi akuntansi, dan prinsip going-concern terhadap efektivitas pelaporan keuangan sesuai SAK EMKM pada UMKM di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan UMKM yang secara aktif beroperasi di Kabupaten Buleleng selama ≥ 1 tahun sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis linier berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 20 for windows. Teknik penentuan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 100 responden penelitian. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Digitalisasi UMKM tidak berpengaruh terhadap efektivitas pelaporan keuangan sesuai SAK EMKM, (2) Persepsi atas informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pelaporan keuangan sesuai SAK EMKM, dan (3) Prinsip going-concern berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pelaporan keuangan sesuai SAK EMKM.

Kata kunci: Digitalisasi UMKM, persepsi atas informasi akuntansi, prinsip going-concern, pelaporan keuangan UMKM, SAK EMKM.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-04