Pengaruh Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei (Tahun 2019-2021)

Penulis

  • Clarisa Gita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Purnamawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/vjra.v13i1.74042

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji adanya pengaruh dari investment opportunity set, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60. Sampel dalam penelitian ini analisis datanya menggunakan bantuan SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Analisis statistik deskriptif, kemudian melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah : (1) Investment Opportunity Set (X1) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan (Y); (2) Ukuran Perusahaan (X2) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan (Y); (3) Pertumbuhan Perusahaan (X3) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan (Y); (4) Investment Opportunity Set (X1), Ukuran Perusahaan (X2), dan Pertumbuhan Perusahaan (X3) berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan (Y)

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-04