EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Gusti Ayu Putu Ita Trisna Dewi ., Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. ., Prof. Dr. Nyoman Dantes .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan post test only control group design dengan subyek penelitian 20 siswa yaitu 10 kelompok ekperimen dan 10 kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan, digunakan alat pengumpulan data berupa pedoman observasi dan angket percaya diri yang telah dihitung validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik t-test non-parametrik.
Berdasarkan hasil penelitian skor rata-rata (X) kelompok eksperimen sebesar 127,5 dan skor rata-rata (X) kelompok kontrol adalah sebesar 126,25. Dengan demikian skor rata-rata (X) kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok ekperimen yang diberikan konseling kelompok lebih efektif dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya diberikan perlakuan sesuai dengan layanan di sekolah. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3.13 > 1.74 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti hipotesis penelitian “Pengaruh konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja” dapat diterima.

Kata Kunci : konseling kelompok, percaya diri

This study aimed at finding out the effect of group counseling to improve students self confidence at eight grade of SMP Negeri 3 Singarja 2013/2014.
Tis research was designed in a quantitative experiment by using post test only control group design with 20 studens as the subject of the study consisted of ten experiment group and ten control group that were chonse by using purposive sampling twchnique. To get the data needed, the researcher used some instruments namely observation sheet, and self confidence questionnaire data analysis used was t-test analysis technique and t-test non parametric technique. The result of the study showed that the average scroe of experiment group is 127,5 and the average score of control group is 126,25. So that, the average score of experiment group is bigger than control group. This study showed that the experiment group with the counseling group is more effective rather than the control group wich is given the threatment based on the school counseling. From the result of the t test it show that t-observe>1.74 in the level of significance of 5%.
It mean that be the research hypothesis the effect of counseling group to improve VIII grade students self confidence at SMP Negeri Singaraja is accepted.
keyword : counseling group, self confidance

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.