PENERAPAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK TIME MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF ORDER SISWA PADA DI KELAS X IBB DI SMA NEGERI 1 SINGARAJATAHUN PELAJARAN 2014/2015

I Nyoman Kastawan ., Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. ., Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan self Order siswa yang rendah dengan penerapan konseling Behavioral dengan teknik Time Menegemen.
Subyek dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang memiliki self Order yang rendah. Hasil tersebut diperoleh dari data primer atau data utama yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi atau pengamatan juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung data primer tersebut. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis.
Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian kecerdasan intrapersonal terhadap 8 orang siswa sebesar 74,33 % dengan kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 5,17% dengan hasil 2 orang siswa yang dikategorikan sedang dan 6 orang siswa yang dikategorikan rendah sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar 16,16% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa memahami segala hal yang terkait dengan kecerdasan intrapersonal. Data tersebut diperkuat dari hasil pengamatan perubahan perilaku siswa yang diisi oleh peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan kecerdasan intrapersonal dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa dapat memahami diri secara akurat.
Kata Kunci : konseling Behavioral, Time Managemen, self Order

This study is an action research Counseling that aims to improve the students' low self-Order with the application of behavioral counseling techniques Menegemen Time.
Subjects in this study were 8 students of class X of SMA N 1 Singaraja IBB school year 2014/2015 which have a low self-Order. The results obtained from the primary data or main data from the questionnaires pre-cycle to cycle II. Method of observation was also used as a complementary method that supports the primary data. The primary data in the form of questionnaires obtained from respondents was collected and processed with descriptive analysis techniques.
The results of the pre-cycle gained an average achievement intrapersonal intelligence to 8 students of 74.33% with a low category. In the first cycle increased by an average of 5.17% with the result 2 students were categorized as moderate and 6 students were categorized as low so it is necessary to continue treatments on the second cycle. In the second cycle increased to an average increase of 16.16% with a high category. This means that students are able to comprehend all the things associated with intrapersonal intelligence. The data reinforced the observation of changes in the behavior of students who filled out by researchers at each cycle. The result is expected that students can apply intrapersonal intelligence in everyday life, so that students can understand themselves accurately.
keyword : Behavioral counseling, Time Management, Self Order



DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.