PENGARUH PELATIHAN ZIG ZAG RUN TERHADAP KECEPATAN DAN KELINCAHAN

Authors

  • I Gusti Ngurah Sastra Wiadnyana .
  • I Ketut Sudiana, S.Pd. M Kes .
  • Gede Doddy Tisna, M.S., S.Or. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v4i1.5477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan zig zag run terhadap kecepatan dan kelincahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “The Non-randomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Jumlah subjek penelitian 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk tes kecepatan adalah tes lari 60 meter. Sedangkan instrumen untuk tes kelincahan adalah agility T-Test. Data dianalisis dengan uji-t independent pada taraf signifikansi () 0,05 dengan bantuan program SPSS 16,0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dengan menggunakan uji-t independent untuk data kecepatan diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel 1,72 (thitung > ttabel= 1,72) yaitu sebesar 3,250. Sedangkan untuk data kelincahan diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel 1,72 (thitung > ttabel= 1,72) yaitu sebesar 4,998. Dengan demikian hipotesis penelitian “pelatihan zig zag run berpengaruh terhadap kecepatan dan kelincahan” dapat diterima. Hasil analisis data pada pelatihan zig zag run untuk kecepatan terjadi peningkatan sebesar 0,87, sedangkan pelatihan zig zag run untuk kelincahan terjadi peningkatan sebesar 1,33, sedangkan pada kelompok kontrol terjadi penurunan akibat hanya diberikan pelatihan konvensional pada kecepatan terjadi penurunan -0,37 dan pada kelincahan terjadi penurunan -0,04. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan zig zag run berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan dan peningkatan kelincahan pada siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : pelatihan zig zag run, kecepatan, kelincahan

This study aims to determine the effect of training zig zag run to the speed and agility. This type of research is a quasi experimental (quasi experimental) with a design that is used in this research is "The Non-randomized control group pretest-posttest design". The number of research subjects 26 students. The instrument used in this study to test the speed is a test run 60 meters. While the instrument to test agility is agility T-Test. Data were analyzed using independent t-test at the significance level () 0.05 with SPSS 16.0. Based on the analysis of research data, using independent t-test for speed data obtained by value t count larger than t-table 1.72 (t count> t table = 1.72) is equal to 3.250. As for the agility of data obtained by value t count larger than t-table 1.72 (t count> t table = 1.72) is equal to 4.998. Thus the research hypothesis "training run zig zag effect on speed and agility" unacceptable. Results of data analysis on a training run for the speed zig zag an increase of 0.87, while training for the agility run zig zag an increase of 1.33, whereas in the control group decreased due only given conventional training on the speed decreased -0.37 and the agility decreased -0.04. From the results of this study concluded that training run zig zag effect on the increase in speed and agility improvement in student extracurricular participants son in high school volleyball Dwijendra Denpasar school year 2014/2015.
keyword : training zig zag run, speed, agility.

Published

2016-03-27

How to Cite

., I. G. N. S. W., ., I. K. S. S. M. K., & ., G. D. T. M. S. (2016). PENGARUH PELATIHAN ZIG ZAG RUN TERHADAP KECEPATAN DAN KELINCAHAN . Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v4i1.5477

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>