https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/issue/feedJurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha2023-03-09T07:50:40+00:00I Wayan Widianawayan_widiana@yahoo.co.idOpen Journal Systems<hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JJIK</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>J. Ilmu Keolahragaan Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Two issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jjik</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512018177" target="_blank" rel="noopener"><strong><span lang="IN">2613-9693</span> </strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><span lang="IN"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511506656" target="_blank" rel="noopener">2613-9685</a> </span></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%">Made Agus Dharmadi</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>LPPM - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha</strong> is a scientific journal published by the Department of Sports Science, Faculty of Sports and Health, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles from research and community service results in the field of sports science. In the end, this journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports for the academic community. This journal is published 3 times a year.</p> <p><strong><strong>p-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512018177" target="_blank" rel="noopener"><span lang="IN">2613-9693</span></a> (cetak) dan <strong><strong>e-ISSN : <span lang="IN"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511506656" target="_blank" rel="noopener">2613-9685 </a></span><span lang="IN">(online)</span></strong></strong><br /></strong></strong></p>https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/50368Latihan Plyometric dan Daya Ledak terhadap Shooting Permainan Futsal2023-03-09T06:57:09+00:00Elma Yunitaelmayunita@student.upi.eduAyi SuhermanSuherman2@gmail.comDinar DinangsitDinangsit3@gmail.com<p>Pada turnamen pemain Futsal putri belum bisa menembus gawang karna daya ledak yang kurang pada saat melakukan shooting ke gawang lawan. Tentu saja hal tersebut menjadi faktor utama kekalahan dan tidak lolos dibabak kualifikasi PORDA.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Latihan plyometric terhadap shooting pada permainan futsal dan menganalisis interaksi antara Latihan plyometric daya ledak terhadap shooting pada pemainan futsal dan untuk mengetahui pengaruh Latihan plyometric terhadap shooting permainan futsal berdasarkan tinggi rendahnya daya ledak. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada metode eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Jumlah partisipan sebanyak 17 partisipan, yang terdiri dari 6 orang di kelompok eksperimen A1B1 dan A1B2 menggunakan metode latihan Jump To Box, sedangkan 6 orang lainnya ada dikelompok kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes dan obervasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tterdapat pengaruh antara Latihan plyometric dengan shooting permainan futsal. Adanya interaksi anatara Latihan plyometric dan tingkat daya ledak atlet terhadap shooting futsal. Ketiga, tidak terdapat pengaruh Latihan plyometric terhadap shooting futsal pada kelompok daya ledak tinggi. Keempat, tidak terdapat pengaruh Latihan plyometric terhadap shooting futsal pada kelompok daya ledak rendah.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Elma Yunitahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/53241Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT2022-10-27T09:01:34+00:00Afthonul Fikriafthonul@undiksha.ac.idI Putu Darmayasaafthonul.29@gmail.comI Made Satyawanafthonul.29@gmail.com<p>Kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran PJOK khususnya pembelajaran bola pada permainan sepak bola belum memenuhi kriteria ketuntasan maksimum KKM<strong>. </strong>Penelitian ini disusun untuk bertujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar dalam materi sepak bola pada peserta didik smp dengan menerapkan model pembelajaraan TGT <em>Teams Games Tournament </em>berbasis ICT pada peserta didik kelas VII A SMP. Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK.Teknik pengumpulan data menggunakan pengamataan langsung, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A di SMP yang berjumlah 32 peserta didik<strong>. </strong>Urutan kegiatan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan RPP, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar aspek sikap pada siklus I yaitu 87%, pada siklus II 100%. Ketuntasan aspek belajar pengetahuaan siklus I 43%, Pada siklus II 100%. Ketuntasan pada aspek ketrampilaan siklus I 68%, Saiklus II 90%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT <em>T</em><em>eams Games Tournament</em> berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar materi sepak bola pada peserta didik kelas VII A SMP. Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan <em>referensi</em> dalam melaksanakaan proses pembelajaraan.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Afthonul Fikrihttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/47378Tingkat Kedisplinan Atlet Cabang Olahraga Permainan pada Masa Adaptasi Kebiasan Baru2023-03-05T21:34:23+00:00Andre Pranata Sembiringandrepranata202017@gmail.comI Gusti Lanang Agung Parwataagung.parwata@undiksha.ac.idMade Agus Wijayawijaya.madeagus@undiksha.ac.id<p>New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap melakukan aktivitas normal dengan \ menerapkan protokol kesehatan. Atlet harus tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga terhindar dari covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga tenis meja dan bulutangkis pada masa adaptasi kebiasaan baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu atlet tenis meja sebanyak 15 orang dan atlet bulutangkis sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument kedisiplinan. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga tenis meja berada pada kategori disiplin berjumlah 10 orang (67%), disusul kategori sangat disiplin mencapai 4 orang responden (27%) dan kategori cukup disiplin mencapai 1 orang (7%) serta tidak ada atlet Tenis Meja yang termasuk kurang disiplin maupun sangat kurang disiplin. Untuk hasil penelitian tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga bulutangkis pada kategori disiplin berjumlah 19 orang (63%), disusul kategori cukup disiplin mencapai 6 orang responden (20%) dan kategori sangat disiplin mencapai 5 orang (17%) serta tidak ada atlet Bulutangkis yang termasuk kurang disiplin maupun sangat kurang disiplin. Berdasarkan nilai rata-rata tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga tenis meja dan bulutangkis berada pada kategori “sangat disiplin”.</p> <p> </p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Andre Pranata Sembiring, I Gusti Lanang Agung Parwata, Made Agus Wijayahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/46305Kinematika Performa 100 meter Sprinter Elit Indonesia2023-03-05T21:34:31+00:00Ainun Zulfikar Rizkiainunzulfikar1998@gmail.comNining Widyah Kusnanikniningwidyah@unesa.ac.idYusuf Fuadyusuffuad@unesa.ac.idNurhasan Nurhasannurhasan007@unesa.ac.idAbdul Rachman Syam Tuasikalrachmantuasikal@unesa.ac.idMuchamad Arif Al Ardhamuchamadalardha@unesa.ac.idCatur Supriyantocatursupriyanto@unesa.ac.idGede Doddy Tisna MSgd.doddy@undiksha.ac.idChung Bing Yangcb.yang@gmail.comwei Jhe Linweijhelin@gmail.com<p>Kecepatan lari adalah produk dari panjang langkah dan frekuensi langkah dan oleh karena harus dipahami oleh atlet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penampilan lari 100 meter atlet sprinter elit Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Desain penelitian ini adalah komparasi. Subjek dari penelitian ini adalah Lalu Muhammad Zohri pada saat Kejuaraan Atletik Junior di Finlandia 2018, Asian Games 2018, dan Olimpiade Tokyo 2020. Komponen variabel pada penelitian ini adalah Stride, Arm extension, Elbow flexion, trunk flexion, Knee height. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan software kinovea. Hasil dari penelitian ini tidak ada perbedaan yang signifikan antara stride pada ketiga kejuaraan dan ada perbedaan yang signifikan pada komponen arm extension, elbow flexion, trunk flexion, dan knee height pada kejuaraan dunia junior 2018, Asian Games 2018, dan Olimpiade Tokyo 2020. Analisis data menggunakan uji friedman test. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara stride pada ketiga kejuaraan. Perbedaan signifikan ditemukan pada arm extension, elbow flexion, trunk flexion, dan knee height antara ketiga kejuaraan yang diikuti oleh Lalu Muhammad Zohri. Hasil capaian Lalu Muhammad Zohri pada Kejuaraan dunia Junior 2018 dengan catatan waktu 10.18 detik menunjukkan arm extension (100,68 ± 21,60º) dan trunk flexion (117,96 ± 14,50º) lebih besar dari yang dua kejuaraan lainnya. Sehingga kecepatan maksimum merupakan kombinasi dari kemampuan motorik dan teknik lari sprint yang sangat rasional.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Ainun Zulfikar Rizki, Nining Widyah Kusnanik, Yusuf Fuad, Nurhasan Nurhasan, Abdul Rachman Syam Tuasikal, Muchamad Arif Al Ardha, Catur Supriyanto, Gede Doddy Tisna MS, Chung Bing Yang, wei Jhe Linhttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/50397Metode Latihan dengan Kemampuan Koordinasi Meningkatkan Akurasi Service Tenis Meja2023-03-09T07:14:54+00:00Chairul Rizal Assiddiqchairulrizal007@gmail.comAyi Suhermanayisuherman@gmail.comIndra Safariindrasafari77@upi.edu<p>Masalah yang terjadi saat ini yaitu kebiasaan dari atlet melupakan tujuan dari servis itu sendiri. Masih banyak atlet dalam melakukan servis hanya asal melakukan servis saja tanpa adanya usaha untuk menyulitkan lawan dalam mengembalikan bol. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode latihan dengan tingkat koordinasi terhadap peningkatan akurasi <em>service</em> tenis meja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Jumlah sampel 12 orang dengan menggunakan teknik sampling <em>random asigment</em> dan instrument yang digunakan adalah akurasi <em>service </em>tenis meja. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode latihan <em>open skill exercise</em> dan <em>closed skill exercise</em> terhadap peningkatan akurasi <em>service</em> tenis meja. Kedua, terdapat interaksi antara metode latihan dengan tingkat koordinasi terhadap peningkatan akurasi <em>service</em> tenis meja. Ketiga, penggunaan metode latihan <em>open skill exercise</em> lebih berpengaruh dibandingkan dengan <em>closed skill exercise</em> dalam peningkatan akurasi <em>service </em>tenis meja dengan tingkat koordinasi tinggi. Keempat, metode latihan <em>open skill exercise</em> lebih berpengaruh dibandingkan dengan <em>closed skill exercise</em> dengan tingkat koordinasi rendah terhadap peningkatan akurasi <em>service </em>tenis meja.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Chairul Rizal Assiddiqhttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/47546Manajemen Pengelolaan Lapangan Futsal di Kota Singaraja pada Masa Pandemi2023-03-05T21:34:20+00:00Gede Deffa Ade Darsana Darsana FamilyDeffaade325@gmail.comI Made Satyawanmade.satyawan@undiksha.ac.idI Ketut Semarayasaketut.semarayasa@undiksha.ac.id<p>Kualitas lapangan futsal perlu kita perhatikan karena belum semua pemilik usaha lapangan futsal memperhatikan kelengkapan fasilitas lapangan dengan baik. Tujuan penelitian ini dibuat untuk menganalisis manajemen pengelolaan lapangan futsal pada masa Pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah member futsal. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini akan dilakukan secara kualitatif. Lokasi penelitian adalah enam lapangan futsal yang ada di kota Singaraja. Hasil penelitian berdasarkan fungsi manajamen menunjukkan bahwa perencanaan <em>(planning) </em>di kelima lapangan futsal di kota Singaraja sudah cukup dalam pengadaan fasilitasnya, dan semua tempat memiliki tujuan hampir sama yaitu berbisnis serta memfasilitasi olahraga futsal di Kota Singaraja. Pengorganisasian <em>(Organizing) </em>masih kurang karena kelima lapangan futsal tidak memiliki struktur organisasi sehingga terjadi fungsi ganda. Penggerak <em>(Actuating) </em>cukup, setiap lapangan futsal memiliki komunikasi yang baik antara pemilik, pengelola dan pelanggan dalam pelayanan. Selain itu pengelola melakukan usaha promosi. Pengawasan <em>(Controlling) </em>baik, pemantauan dilakukan secara rutin di setiap lapangan futsal untuk mengetahui kinerja karyawan dan peningkatan/penurunan jumlah pelanggan <em>(member).</em> Maka kesimpulan dari survey menajaemen lapangan futsal di Singaraja menunjukkan bahwa sudah berjalan dengan baik secara <em>planning, actuacting, controlling</em> dan dapat dinikmati juga oleh masyarakat namun secara organsiasi belum terlaksana dengan baik. </p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Gede Deffa Ade Darsana Darsana Family, I Made Satyawan, I Ketut Semarayasahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/52527Penerapan Modul Pembelajaran Berbasis Permainan Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar2023-03-09T07:50:40+00:00I Made Oger Radityamadeogesraditya@gmail.comI Made Satyawanmade.satyawan@undiksha.ac.idNi Luh Putu Spyanawatiputu.spyanawati@undiksha.ac.id<p>Hasil belajar merupakan salah satu acuan berhasil atau tidaknya dari proses pembelajaran yang dilakukan. Desain pembelajaran yang digunakan masih sangat sederhana sehingga proses pembelajaran kurang menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan modul pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar PJOK. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN 3 Banjar Jawa kelas 1 yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas 1A, 1B, dan 1C. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas 1C yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner dan tes. Instrument yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh modul pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Diharapkan guru menggunakan bahan ajar modul berbasis permainan untuk meningkatkan semangat belajar siswa.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 I Made Oger Raditya, I Made Satyawan, Ni Luh Putu Spyanawatihttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/52667Proses Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Kelas XI di SMA Negeri pada Era New Normal Covid-192023-03-09T07:24:49+00:00I Nengah Dwi Mahendra Jayahendramj1234@gmail.comI. P. Panca Adipanca.adi@undiksha.ac.idI. G. Suwiwasuwiwaig@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas XI SMA N 2 Amlapura pada era <em>new normal</em>. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 2 Amlapura, dimana yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu tertuju kepada peserta didik kelas XI, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas XI yang berjumlah 123 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, dan pengisian kuisioner dari peserta didik yang diakses melalui link <em>google form.</em> Pendekatan survei bertujuan untuk memperoleh data gambaran umum tentang populasi. Jenis survei yang digunakan dalam penelitian ini merupakan survei deskriptif. Penggunaan jenis survei ini juga bertujuan untuk menghimpun data Pelaksanaan Pembelajaran PJOK terhadap proses pembelajaran PJOK pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Amlapura Pada Era <em>New Normal </em>COVID-19. <em> </em>Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebanyak 51 peserta didik atau sebesar 41% memiliki hasil proses belajar yang sangat baik, 47 peserta didik yang nemiliki hasil prose belajar baik sebesar 38,2%, 19 orang memiliki hasil proses belajar yang cukup baik dengan persentase 15.4, %, dan 6 orang peserta didik memiliki hasil proses belajar yang kurang dengan persentase 4.9% dan tidak ada peserta didik yang nilainya berkategori tidak baik dengan jumlah persentase adalah 0 %. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Proses Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada era <em>New Normal</em> COVID-19 di SMA Negeri 2 Amlapura tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan secara daring dan luring (<em>blended learning</em>) termasuk dalam kategori sangat baik sesuai dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 I Nengah Dwi Mahendra Jaya Mahendra Jaya, I. P. Panca Adi, I. G. Suwiwahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51332Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw2023-03-05T21:34:03+00:00Ketut Karin Preayanikarinpreayani02@gmail.comI Ketut SemarayasaSemarayasa@gmail.comPeby GunartoGunarto3@gmail.com<p>Kemajuan teknologi dalam segala bidang temasuk pendidikan mendorong seorang pendidik mampu melahirkan inovasi baru dan strategi pembelajaran kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis video tutorial dengan model ADDIE teknik dasar sepak sila dalam permainan sepak takraw pada mahasiswa prodi Penjaskesrek. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket atau kuesioner dalam bentuk skala skor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93,33%, aspek media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93,33%, aspek desain pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 96,25% dan aspek praktisi lapangan mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 92,00% Pada uji coba produk perorangan dengan kriteria sangat baik dengan persentase 91,10%, Pada uji coba produk kelompok kecil dengan sangat baik dengan persentase 94,66%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar sepak sila pada permainan sepak takraw pada mahasiswa Prodi Penjaskesrek dapat dinyatakan layak dan dapat digunakan.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Ketut Karin Preayanihttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/46870Derajat Kualitas dan Kuantitas Minat Peserta Didik Mengikuti Ekstrakurikuler2023-03-05T21:34:27+00:00I Gede Dedi Cahyadidedicahyadimgt@gmail.com<p>Penelitian ini termotivasi karena adanya fenomena permasalahan minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler. Jadi hal itu disebabkan karena kurangnya perhatian sekolah kepada aktivitas ekstrakurikuler dan sarana prasarana yang ada mendukung untuk menunjang aktivitas ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis derajat kualitas dan kuantitas minat peserta didik untuk bergabung dengan ekstrakurikuler. Jenis studi ini masuk kedalam studi deskriptif kuantitatif dengan rancangan menggunakan metode survei. Jumlah populasi 140 orang menggunaan taraf kesalahan 5% diperoleh subjek penelitian sebanyak 100 orang. Metode kolektif data untuk studi ini melalui kuesioner. Cara kolektif data memakai teknik kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas isi menggunakan rumus Gregory. Teknik analisis data memakai analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler menunjukkan kualitas yang tergolong kategori tinggi dengan besar kuantitas skor rata-rata sebesar 62,62. Data tersebut menunjukkan jadi sebagian besar peserta didik memiliki minat yang tinggi dalam berpatisipasi pada ekstrakurikuler.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 i gede dedi cahyadihttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/52449Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Berbasis Olahraga Rekreatif TP. Bola Kecil dan Permainan Anak2023-03-05T21:33:59+00:00Iqbal Habibullohiqbal@undiksha.ac.idWahjoediWahjoedi@undiksha.ac.idMade Agus Wijayawijaya.madeagus@undiksha.ac.id<p>Kualitas sumber daya manusia saat ini masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisis hasil dari pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif TP. bola kecil dan permainan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan google form. Penentuan untuk besaran sampel peneliti menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, jumlah sampel sebanyak 92 orang. Berdasarkan hasil analisis data pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif TP. bola kecil dan permainan anak, berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 89 orang (96,74%) berada pada kategori tinggi sebanyak 3 orang (3,26%), dan berada pada kategori sedang sebanyak 0 orang (0,00%) pada kategori rendah 0 orang (0,00%) dan Pada kategori sangat rendah 0 orang (0,00%). Adapun skor rata dari hasil kuisioner mahasiswa terkait indikator karakter adalah 115,97 berada pada rentang kategori sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa pengembangan karakter mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi berbasis olahraga rekreatif TP. bola kecil dan permainan anak memiliki tingkat keberhasilan dan nilai yang sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan jumlah mahasiswa sebesar 89 orang dengan persentase 96,74% dengan skor rata rata pengembangan karakter berbasis olahraga rekreatif TP. Bola kecil dan permainan anak adalah 115,97 berkategori sangat tinggi.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 iqbal iqbal habibulloh, Wahjoedi, Made Agus Wijayahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/40619Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Materi Teknik Dasar Passing Bola Voli Peserta Didik Kelas X SMA2023-03-05T21:34:35+00:00I Wayan Arya Kripa Radityakriparaditya27@gmail.comI Putu Panca Adipanca.adi@undiksha.ac.idI Gede Suwiwagede.suwiwa@undiksha.ac.id<p>Pandemi covid-19 ini proses pembelajaran mengalami kendala, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis video tutorial dengan model ADDIE materi <em>passing</em> bola voli untuk peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dalam bentuk angket. Langkah validasi bahan yang meliputi empat tahapan yaitu: evaluasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 92%. Aspek media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 96%. Aspek desain pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93%. Pada uji coba peserta didik perorangan dengan kriteria sangat baik dengan persentase 93,77%, Pada uji coba peserta didik kelompok kecil dengan kriteria sangat baik dengan persentase 90,33%, Pada uji coba peserta didik kelompok besar dengan kriteria baik yang memiliki kaulifikasi persentase 88,52%. Disimpulkan media pembelajaran berbasis video tutorial materi teknik dasar <em>passing</em> bola voli layak digunakan oleh peserta didik disekolah.</p>2022-02-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 I Wayan Arya Kripa Raditya, I Putu Panca Adi, I Gede Suwiwahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/52846Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Taekwondo dengan Metode Contex, Input, Process, Product2023-03-05T21:33:50+00:00Miftahul Maghfirohulvagi@gmail.comI Ketut Iwan SwadesiSwadesi2@gmail.comI Nyoman SudarmadaSudarmada3@gmail.com<p>Pembinaan di Pengkab TI sebenarnya sudah cukup baik akan tetapi prestasi TI beberapa tahun terakhir mengalami penurunan dan hanya mampu berprestasi di tingkat daerah dan belum mampu kembali berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembinaan oleh Pengkab TI. Penelitian ini menggunakan metode contex, input, process, produck. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet Pengkab TI. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan pengambilan data arsip. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan triagulasi data. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu Evaluasi <em>Contex</em> organisasi berjalan dengan sangat baik dengan kelengkapan administrasi dan program kerja yang sudah ada terlaksana tetapi perlu pembaruan dan inovasi, perlu dilakukannya penyusunan AD/ART agar pembinaan dapat berjalan tertib, hubungan pengurus, pelatih, dan atlet berjalan dengan solid. Evaluasi <em>Input </em> rekrutmen pelatih dan atlet berjalan sesuai dengan proses rekrutmen yang ditetapkan dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, diperlukan pengadaan alat dan fasilitas untuk memadai proses pembinaan. Evaluasi <em>Process</em> perlu peningkatan dan inovasi program latihan agar mengurangi rasa bosan atlet. Evaluasi <em>Product </em>pembinaan sudah sangat bagus dengan hasil yang sudah dicapai.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 miftahul_maghfiroh29 miftahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/48807Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok2023-03-05T21:34:16+00:00I Nengah Tanwisastratanwisastra35092@gmail.comI Nyoman Kancanyoman.kanca@undiksha.ac.idNi Putu Dwi Sucita Dartinisucita.dartini@undiksha.ac.id<p>Pada cabang olahraga atletik yaitu lompat jauh gaya jongkok aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami ketidak tuntasan yang cukup signifkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian, yang berjumlah 21 orang dengan rincian 7 orang putri dan 14 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok dari siklus I sebesar 56,6% kategori aktif, meningkat menjadi 85% kategori sangat aktif pada siklus II. Pada hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 52,4% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II dan pada aspek keterampilan dari siklus I sebesar 57,2% meningkat menjadi 90,5% pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui model pembelajaran PBL pada peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK Dapat menggunakan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 I Nengah Tanwisastra, Pak Prof, Ni Putu Dwi Sucita Dartinihttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/50719Instrument Test Service Forehand & Backhand Tenis Meja2023-03-09T07:36:57+00:00Farid Kurniawanfaridkurniawan@upi.eduIndra Safariindrasafari@upi.eduAdang Sudrazatadangsudrazat@upi.edu<p>Masalah yang terjadi saat ini yaitu belum ada alat uji untuk menilai kemampuan seorang atlet sebelum dan sesudah menyelesaikan suatu program Latihan. Hal ini berdampak pada penilaian kemampuan atlet yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrument tes service forehand dan backhand tenis meja. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Karakteristik partisipan dalam penelitian ini di mulai dari usia kadet, junior, remaja, dan Senior sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data untuk uji validitas menggunakan CVR (Content Value Ratio) dan reliabilitas menggunakan Alpha Crobanch. Hasil analisis data yaitu hasil validitas instrument service forehand dan backhand memiliki validitas validitas yang tinggi serta memiliki reliabilitas instrument service forehand yang reliabel. Disimpulkan bahwa pengembangan instrument service forehand dan backhand tenis meja ini dapat dinyatakan layak digunakan.</p>2023-03-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Farid Kurniawan, Indra Safari, Adang Sudrazat