https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/issue/feed Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 2022-09-15T09:14:20+00:00 I Wayan Widiana wayan_widiana@yahoo.co.id Open Journal Systems <hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JJIK</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>J. Ilmu Keolahragaan Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Two issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jjik</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512018177" target="_blank" rel="noopener"><strong><span lang="IN">2613-9693</span> </strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><span lang="IN"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511506656" target="_blank" rel="noopener">2613-9685</a> </span></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%">Made Agus Dharmadi</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>LPPM - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha</strong> is a scientific journal published by the Department of Sports Science, Faculty of Sports and Health, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles from research and community service results in the field of sports science. In the end, this journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports for the academic community. This journal is published 3 times a year.</p> <p><strong><strong>p-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512018177" target="_blank" rel="noopener"><span lang="IN">2613-9693</span></a> (cetak) dan <strong><strong>e-ISSN : <span lang="IN"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511506656" target="_blank" rel="noopener">2613-9685 </a></span><span lang="IN">(online)</span></strong></strong><br /></strong></strong></p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51333 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dan Sepak Badek Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Tahun Akademik 2021/2022 2022-08-12T03:09:13+00:00 Ketut Karin Preayani karinpreayani02@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis video tutorial dengan model ADDIE teknik dasar sepak sila dan sepak badek dalam permainan sepak takraw pada mahasiswa prodi Penjaskesrek. Model pengembangan ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu: tahap analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket atau kuesioner dalam bentuk skala skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93,33%, aspek media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93,33%, aspek desain pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 96,25% dan aspek praktisi lapangan mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 92,00% Pada uji coba produk perorangan dengan kriteria sangat baik dengan persentase 91,10%, Pada uji coba produk kelompok kecil dengan kriteria baik dengan persentase 94,66%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar sepak sila dan sepak badek pada permainan sepak takraw pada mahasiswa Prodi Penjaskesrek dapat dinyatakan layak dan dapat digunakan.</p> 2022-09-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ketut Karin Preayani https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/46726 Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Kelas X 2022-05-04T07:41:27+00:00 Putu Sri Astini putusriastini732@gmail.com I Nyoman Kanca nymkanca39@gmail.com I Ketut Semarayasa semarayasaketut@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>hybrid learning </em>dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar teknik dasar <em>passing </em>bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (<em>quasi exsperimental</em>) dengan menggunakan rancangan penelitian <em>the non-randomized control group pretest-posttest design</em>. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA yaitu terdiri dari 250 orang peserta didik dan dibagi menjadi 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan <em>random sampling</em> berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X-IBB 1 sebagai kelompok eksperimen dan X-IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar <em>pretes-posttest</em>. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan <em>SPSS 26.0 for Windows</em>. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,504 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,333. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (<em>Independent-Samples t Test</em>) adalah 0,000 yaitu p&lt;0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>hybrid </em>berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar <em>passing </em>bola basket pada peserta didik kelas X SMA . Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran <em>hybrid</em> karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar <em>passing </em>bola basket pada peserta didik.</p> 2022-05-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 putu sri astini https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51985 Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI Man 1 Jembrana 2022-09-04T13:42:42+00:00 Muhammad Muammar muhmuammar@gmail.com H. Wahjoedi hwahjoedi@gmail.com Ni Luh Putu Spyanawati spyanawatiptu@gmail.com <p>Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan jenis survei yang digunakan yaitu survei kuisioner yang dijawab oleh peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 1 Jembrana Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 360 orang. Sementara sampel dipilih berdasarkan convenience sampling yang ini diambil 25% dari populasi penelitian, dimana total sampelnya adalah sebanyak 90 orang. Informasi yang dicari dalam penelitian ini adalah Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 pada peserta didik MAN 1 Jembrana.Peserta didik diharapkan untuk mempertahankan minatnya yang sudah sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemic Covid-19, dengan harapan melalui aktivitas gerak yang ada dalam pembelajaran PJOK, kesehatan peserta didik tetap terjaga dan terhindar dari penularan Covid-19 dengan meningkatkan daya tahan tubuh.Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian deskriptif kuantitatif tentang survei minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemic Covid-19, agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi untuk meneliti dalam lingkup yang lebih luas, sehingga diperoleh sumbangan ilmu yang lebih baik dan sesuai dengan perkembangan zaman dan diperoleh dalam penelitian lebih objektif. Guru diharapkan untuk lebih memperhatikan lagi cara agar dapat mempertahankan minat peserta didik yang tergolong baik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi Covid-19.</p> 2022-09-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Muhammad Muammar, H. Wahjoedi, Ni Luh Putu Spyanawati https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/44958 Faktor dan Tingkat Aktivitas Fisik Remaja pada Masa Pandemi COVID-19 2022-04-11T15:23:57+00:00 Salmi Salmi namiesalmi@gmail.com Thesa Dwi Markuri dwimarkurithesa@gmail.com <p>Penerapan pembatasan fisik selama pandemi COVID-19 dalam dunia pendidikan berdampak pada pengurangan jam belajar di sekolah bahkan pengalihan kegiatan sepenuhnya dari rumah. Hal ini berpengaruh pada tingkat aktivitas fisik remaja usia sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor dan gambaran aktivitas fisik remaja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian merupakan studi deskriptif yang melibatkan 76 orang remaja berusia 16-19 yang merupakan siswa SMKN 3 Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu dan memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Faktor aktifitas fisik berupa keterlibatan dalam pekerjaan orang tua dan cara berangkat ke sekolah diamati pada penelitian ini. Aktivitas fisik responden selama 7 hari diukur dengan <em>Global Physical activity Questionnare</em> (GPAQ) untuk melihat gambaran aktivitas fisik responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden lebih sering terlibat dalam membantu pekerjaan orang tua saat pandemi COVID-19. Sebagian besar responden memiliki aktivitas fisik pada level sedang. Adanya peningkatan intensitas membantu pekerjaan orang tua diduga mengkompensasi penurunan aktivitas fisik akibat kebijakan belajar dari rumah yang diterapkan pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19. </p> 2022-07-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Salmi Salmi, Thesa Dwi Markuri https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51530 Pengaruh Metode Latihan Interval Training Intensif dan Ekstensif dengan Tingkat Daya Tahan Otot Terhadap Kemampuan Mendayung Canoe Atlet Kabupaten Sumedang 2022-08-19T02:25:28+00:00 Nadia Nurul Pramitha nadianurulparamitha@student.upi.edu Tatang Muhtar tatangmuhtar@upi.edu Dewi Susilawati dewisusilawati@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh metode latihan interval training terhadap peningkatan kemampuan dayung canoe atlet Kabupaten Sumedang. 2) Untuk mengetahui interaksi anatara metode latihan interval training dengan tingkat daya tahan otot terhadap peningkatan kemampuan dayung. 3) Pengaruh metode latihan interval training intensif dan ekstensif terhadap peningkatan kemampuan dayung canoe pada kelompok daya tahan otot tinggi. 4) Untuk mengetahui pengaruh metode latihan interval training intensif dan ekstensif terhadap peningkatan kemampuan dayung canoe pada kelompok daya tahan otot tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain factorial 2x2, dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 12 yang merupakan atlet dayung Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh metode latihan interval training terhadap peningkatan kemampuan dayung canoe atlet Kabupaten Sumedang. 2) Terdapat interaksi interaksi anatara metode latihan interval training dengan tingkat daya tahan otot terhadap peningkatan kemampuan dayung canoe. 3) Metode Latihan interval training intensif lebih baik digunakan dari pada ekstensif dalam meingkatkan kemampuan dayung canoe atlet Kabupaten Sumedang pada kelomopok daya tahan otot tinggi. 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Latihan interval training intensif dan ekstensif dalam meningkatkan kemampuan dayung canoe atlet Kabupaten Sumedang pada kelompok daya tahan otot rendah.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> 2022-09-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Nadia Nurul Pramitha, Tatang Muhtar, Dewi Susilawati https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/49882 - Konstruksi Tes Ketepatan Forehand topspin Pada Cabang Olahraga Tenis Meja 2022-07-11T01:59:16+00:00 Erwin Dwi Meilinda erwindm98@gmal.com Indra Safari Safari2@gamil.com Adang Sudrazat Sudrazat3@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat kontruksi tes ketepatan forehand topspin tenis meja. Penelitian ini dilakukan di PTM Cortesa Jalan 11 april nomor 07 Rt/Rw 02/02 lingkar tegalsari kelurahan talun kecamatan sumedang utara kabupaten Sumedang provinsi Jawa Barat. PTM Family Plus Cimahi dan PTM Custle Pesona Bogor. Karakteristik partisipan dalam penelitian ini di mulai dari usia kadet, junior, remaja, dan Senior sebanyak 50 orang. Sampel diambil menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji skala kecil hasil uji validitas menunjukkan nilai r hitung &gt; r table (0,44), selanjutnya pada uji validitas skala besar nilai r hitung &gt; r table maka data dinyatakan Valid. Tahap selanjutnya pada uji reliabilitas skala kecil nilai 0,630 &gt; 0,60. Sedangkan pada uji reliabilitas skala besar nilai 0,643 &gt; 0,60 maka data dapat dinyatakan reliabel. Simpulan dari penelitian ini adalah kontruksi tes ketepatan forehand topspin tenis meja dapat digunakan karena sudah dinyatakan valid dan reliabel.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> 2022-07-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Erwin Dwi M https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/52064 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI 2022-09-07T02:09:11+00:00 I Made Jana Putra Wiana Jana janaputra057@gmail.com I Ketut Budaya Astra budaya.astra@undiksha.ac.id I Gede Suwiwa gede.suwiwa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing Voli melalui penerapan model pembelajaran tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Triamerta Singaraja tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing Voli menggunakan tes untuk hasil belajar aspek kognitif serta lembar observasi untuk hasil belajar aspek afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase ketuntasan klasikal dan hasil rata-rata persentase antar siklus kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing pada permainan bola voli peserta didik kelas VIII SMP Triamerta Singaraja tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan kepada guru PJOK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan alat atau fasilitas mevariasikan pembelajaran dan lain-lain agar peserta didik lebih tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.</p> 2022-09-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Made Jana Putra Wiana Jana, I Ketut Budaya Astra, I Gede Suwiwa https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/45323 Image destination tuan rumah PON: Apakah ada hubungan dengan sikap dan kemungkinan berkunjung lagi ke Papua? 2022-04-11T15:24:02+00:00 Miftah Fariz Prima Putra mifpputra@gmail.com Tri Setyo Guntoro trisguntoro09@gmail.com Wahyu Indra Bayu wahyu.indra@fkip.unsri.ac.id Soleh Solahuddin SolehSolahuddin_9904920015@mhs.unj.ac.id Evi Sinaga vitioria.sng@gmail.com Rodhi Rusdianto Hidayat hidayatrod@gmail.com Friska Sari Gracia Sinaga sarifriska.sinaga28@gmail.com Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang olahraga terbesar nasional. Namun begitu, kajian tentang bagaimana image destination tuan rumah PON belum pernah dilakukan. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui image destination yang ada di Papua selaku tuan rumah PON ke-XX, dan apakah ada hubungan antara image destination dengan sikap serta kemungkinan berkunjung ke Papua. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional digunakan dalam penelitian ini. Terdapat tiga instrumen yang digunakan dalam riset ini, yaitu Scale of Destination Image (SDI), Attitude toward Revisit (AR), dan Revisit Intention (RI). Data penelitian diambil di empat cluster tempat penyelenggara PON ke-XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika. Data penelitian dikumpulkan dengan memadukan dua cara, yaitu offline dan online. Dengan cara tersebut, didapat 230 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini dengan rentang usia 16 - 57 tahun (M = 23,56; SD = 5,70). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dan korelasi dengan memanfaatkan bantuan program IBM SPSS v.26. Hasil penelitian menemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara image destination dan sikap serta keinginan untuk mengunjungi kembali Papua. Penelitian selanjutnya dapat mengobservasi lebih lanjut pengaruh faktor biaya, serta faktor-faktor lain yang berkaitan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Papua. 2022-05-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Miftah Fariz Prima Putra, Tri Setyo Guntoro, Wahyu Indra Bayu, Soleh Solahuddin, Evi Sinaga, Rodhi Rusdianto Hidayat, Friska Sari Gracia Sinaga https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51688 Survey Tingkat Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik di Kecamatan Wara Kota Palopo 2022-08-24T06:46:36+00:00 Ansar CS ansar.cs46@gmail.com Ade Yuni Sahruni adeyunisahruni_fkip@unmus.ac.id <p>Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pemahaman guru PGSD DIKJAS tentang penilaian otentik di SDN WARA Kecamatan Kota Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada guru PGSD DIKJAS di SDN Kecamatan Wara dengan perhitungan berdasarkan hasil survei lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PGSD DIKJAS sebanyak 15 orang. Hasil survei yang dikumpulkan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan penilaian otentik guru PGSD DIKJAS di Kecamatan Wara Kota Palopo berada pada kategori cukup dengan persentase 64,5% atau sebanyak 10 dari 12 sekolah. Hasil ini mungkin tidak menunjukkan kurangnya pemahaman dalam menyajikan cerita sehingga guru PGSD DIKJAS yang tidak memahaminya memberikan nilai kepada siswa. Sementara itu, secara umum tingkat pemahaman dan keotentikan guru PGSD DIKJAS harus dilakukan dengan baik. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa memiliki peran penting ketika proses belajar mengajar berlangsung.</p> 2022-09-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ansar CS https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/43085 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP 2022-02-22T05:13:36+00:00 I Made Gelgel Jani gegeljangi@gmail.com Wahjoedi Wahjoedi Wahjoedi wahjoedi@undiksha.ac.id Ni Putu Dwi Sucita Dartini sucita.dartini@undiksha.ac.id <p class="abstract" align="center"><strong>Abstract</strong><strong></strong></p><p>Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik dasar <em>passing </em>sepakbola berbentuk video.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. dengan model ADDIE, yaitu: <em>analysis, design, development, implementation </em>dan<em> evaluation</em>. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah teknik analisis data yang digunakan. Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu dalam bentuk video tutorial yang berisikan materi tentang pengertian teknik dasar <em>passing </em>sepakbola dan cara melakukan teknik dasar <em>passing </em>sepakbola dengan kaki bagian dalam. Berdasarkan tanggapan ahli isi mata pelajaran menunjukkan bahwa video tutorial teknik dasar <em>passing </em>sepakbola kaki bagian dalam memperoleh persentase 92% pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli media pembelajaran memperoleh persentase 94% berada pada kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 97% berada pada kualifikasi sangat baik,Tanggapan praktisi lapangan memperoleh persentase 92% berada pada kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sepakbola layak digunakan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.</p><p> </p><p class="abstract"><strong>K</strong><strong>ata kunci</strong><strong>:</strong> Media Video, Passing Sepakbola, ADDIE.</p><p class="abstract"><strong> </strong></p> 2022-02-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 I Made Gelgel Jani, Wahjoedi Wahjoedi Wahjoedi, Ni Putu Dwi Sucita Dartini https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/43809 Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IX SMP 2022-02-22T05:17:03+00:00 Komang Apriyani kmngapriyani@gmail.com I Wayan Artanayasa wayan.artanayasa@undiksha.ac.id I Ketut Semarayasa ketut.semarayasa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kendala dalam pembelajaran daring PJOK bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pembelajaran PJOK bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada peserta didik. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persentase rata-rata skor kendala dalam pembelajaran PJOK pada masing-masing aspek, yaitu aspek manusiawi sebesar 74,62%, aspek material sebesar 72,69%, aspek fasilitas perlengkapan sebesar 78,67%, dan aspek prosedur sebesar 73,66%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki kendala yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi Covid-19 di kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja.</p> 2022-02-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Komang Apriyani, I Wayan Artanayasa, I Ketut Semarayasa https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/43109 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket 2022-02-22T10:47:39+00:00 I K. G. Wira Artika ikomanggedewiraartika26@undiksha.ac.id I PT. Darmayasa drmayasa90@gmail.com Ni PT. Dwi Sucita Dartini dartininiptdwi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis video toturial dengan model ADDIE materi Teknik dasar <em>shooting</em> bola basket, dan mendeskripsikan tanggapan para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: <em>analysis, design, development, implementation, </em>dan <em>evaluation.</em> Subjek penelitian ini ada 4 (empat) para ahli yaitu: ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli isi /materi pembelajaran, dan praktisi lapangan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pencatatan dokumen, angket atau kuesioner. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk Deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan: 1) ahli media pembelajaran dengan presentase 86% berada pada kualifikasi baik, 2) ahli desain pembelajaran dengan presentase 82% berada pada kualifikasi baik, 3) ahli isi/materi pembelajaran dengan presentase 82% berada pada kualifikasi baik, dan ahli praktisi lapangan dengan presentase 84% berada pada kualifikasi baik. Bagi peserta didik, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan Peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Disarankan kepada guru, siswa dan sekolah untuk menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial model ADDIE dalam melaksanakan pembelajaran.</p> 2022-02-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Wira Artika https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/41836 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) Terhadap Hasil Belajar Servis Pendek Bulutangkis Pada Peserta Didik Kelas XI MA Mazraatul Ulum Paciran Tahun Ajar 2021-2022 2022-04-11T15:22:23+00:00 feri Kurniawan feri feri28306@gmail.com <p>Faktor pendorong keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah peran dari seorang guru,dimana guru saat menyampaikan atau mengajar peserta didik dengan model atau metode pembelajaran yang baik sehingga mudah dipahami peserta didik. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar servis pendek bulutangkis peserta didik menggunakan metode PBI. Peneliti melakukan penelitian di MA Mazraatul Ulum Paciran dengan sampel peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 orang dan kegiatan penelitian dimulai pada tanggal 21 September 2021-12 Oktober 2021 yang dilakukan secara Luring atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan penelitian ini terdiri dari pre-test pengetahuan,pre-test keterampilan, pemberian tindakan 6 kali tatap muka, post-test pengetahuan dan pos- test keterampilan. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata pre-test pengetahuan sebesar 33,52 dan nilai post-test pengetahuan sebesar 51,28 sedangkan nilai pre-test keterampilan sebesar 7,32 dan nilai rata-rata post-test sebesar 10,08. Dari hasil tersebut terdapat kenaikan nilai hasil belajar peserta didik yang dapat dikatakan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan yaitu model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar servis pendek bulutangkis peserta didik kelas XI MA Mazraatul Ulum Paciran tahun ajar 2021-2022</p><p>Kata kunci: servis pendek,hasil belajar,PBI,bulutangkis</p> 2022-04-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 feri Kurniawan feri https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/44341 COVID-19 Health Protocols in BRI Liga 1 : A Case Report 2022-04-11T15:28:29+00:00 Arif Wicaksono drarifwicaksono@gmail.com Alfan Nur Asyhar alfan.na82@gmail.com <p><em>Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pandemic had changed daily life activities including sport. Sport event usually gathered many people in sport venue that can became disease transmission. Sport events were cancelled and stop because of pandemic so did soccer. Professional athletes, teams, stakeholders, and nation worldwide were trying to restart the soccer competition in strict COVID-19 health protocols. Indonesian soccer competition known as BRI Liga 1 held a competition in strict COVID-19 health protocols during pandemic era. All people involved in competition should had fully vaccinated, follow bubble system, use face mask, use hand sanitizer, maintain distancing, and undergo COVID-19 test series. As many as 18 teams, 900 subjects were observed during 25 August 2021 to 3 October 2021. Six thousands and three hundreds PCR test and 5,400 antigen test undertaken during observation period. Health protocols used to prevent transmission and cluster caused by the competition. All athletes and team officials obey the COVID-19 health protocols so that no COVID-19 case in the time of competition. Soccer competition can be held in pandemic era using strict health protocols and can be a pilot to other sports.</em><em></em></p> 2022-04-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Arif Wicaksono, Alfan Nur Asyhar https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/44115 Hubungan Antara Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kecemasan 2022-04-11T15:28:52+00:00 Winda Irna Oktaviana windairna@gmail.com Wahyu Indra Bayu wahyu.indra@fkip.unsri.ac.id Herri Yusfi herriyusfi@fkip.unsri.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif serta menggunakan rancangan korelasi atau <em>corellation</em>. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Sampel pada penelitian ini dimbil secara acak yaitu kelas 10 dan 11 berjumlah 348 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian menggunakan kuisioner <em>international physical activity quesionaire </em>(IPAQ) untuk aktivitas fisik dan kuesioner <em>depression anxiety stress scale</em> (DASS42) untuk tingkat kecemasan. Teknik analisis data diolah dengan peprsentase dan uji <em>chi-square</em> menggunakan bantuan komputer pada program exel dan SPSS 22. Berdasarkan analisis persentase data yang diperoleh yakni untuk aktivitas fisik diperoleh persentase 11% berjumlah 38 orang peserta didik dengan kategori rendah, 40% berjumlah 138 orang peserta didik dengan kategori sedang, dan 49% berjumlah 172 orang peserta didik dengan kategori tinggi. Untuk hasil tingkat kecemasan 49% berjumlah 170 orang peserta didik dengan kategori normal, 9% berjumlah 31 orang peserta didik dengan kategori ringan, 20% berjumlah 60 orang peserta didik kategori sedang, 19% berjumlah 65 orang peserta didik dengan kategori parah, dan 4% berjumlah 14 orang peserta didik dengan kategori sangat parah. Hasil teknik analisis pada uji <em>chi-square</em> yaitu nilai signifikansi=0,147 yaitu lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Penerapan dari penelitian ini yaitu bahwa saja aktivitas fisik tidak ada hubungan dengan tingkat kecemasn pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. </p> 2022-04-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Winda Irna Oktaviana, Wahyu Indra Bayu, Herri Yusfi