https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/issue/feed Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 2024-07-02T08:19:26+00:00 I Wayan Widiana wayanwidiana85@undiksha.ac.id Open Journal Systems <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPPP</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>j.Penelitian P. Pendidikan</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jppp</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1325592127" target="_blank" rel="noopener">1979-7109</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1515134363" target="_blank" rel="noopener">2615-4498</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><a href="https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57219926859" target="_blank" rel="noopener"><strong>I Nyoman Laba Jayanta</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>LPPM - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <p>Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. <strong>p-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1325592127" target="_blank" rel="noopener">1979-7109</a> (Print) and e-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1515134363" target="_blank" rel="noopener">2615-4498</a> (Online)</strong></p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/63178 Pemanfaatan Media Video pada Model Pembelajaran Problem Based Learning 2024-07-02T08:18:47+00:00 Ardiansyah ardiansyah@ung.ac.id Meyko Panigoro Meykopanigoro@ung.ac.id Nurul Maulida Alwi Meykopanigoro@ung.ac.id <p>Kemampuan berpikir yang rendah dari siswa dalam menganalisa isu permasalahan serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sehingga menyebabkan capaian pembelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media video dalam model pembelajaran PBL terhadap pemecahan masalah. Pre-experimental design dengan menggunakan pretest-posttest design merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dan sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi langsung, dokumentasi dan alat instrumen tes. Analisis data menggunakan SPSS 26 untuk menganalisis skor mean sebelum dan sesudah pengujian, hasil uji normalitas, homogenitas serta hasil uji T sampel tunggal. Hasil uji-T one sampel, penggunaan video pembelajaran dalam model pembelajaran berbasis masalah kelas pra eksperimen berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan penggunaan video berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Implikasi penelitian ini bahwa penggunaan media video dalam pendekatan pembelajaran PBL dapat membantu dalam pemecahan masalah.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 ardiansyah, Meyko Panigoro https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/68614 Media Smart Apps Creator Berbasis Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif 2024-07-02T08:18:24+00:00 Dyah Ratnasari dyahratna@students.unnes.ac.id Isa Ansori isaansori@mail.unnes.ac.id <p>Terbatasnya penggunaan media pembelajaran, model pembelajaran yang belum inovatif (konvensional) dan guru merasa kesulitan untuk mengajarkan materi kalimat efektif muatan pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jontro melatarbelakangi dilaksanakanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan, serta keefektifan media <em>Smart Apps Creator </em>berbasis <em>Problem Based Learning </em>untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D)dengan model pengembangan menurut Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.“Teknik analisis data analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Subjek validasi dilakukan oleh beberapa ahli, yakni 1ahli materi dan 1 ahli media. Subjek uji coba adalah siswa kelas III SDN Jontro. Hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 91% kriteria “Sangat layak”, hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 80% kriteria “Sangat layak”, hasil <em>pretest </em>dan <em>postest </em>dihitung menggunakan <em>n-gain </em>mengalami peningkatan dengan kriteria “sedang”. Pada uji coba skala kecil serta uji coba skala besar mengalami peningkatan rata-rata yang termasuk dalam kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah media <em>Smart Apps Creator </em>berbasis <em>Problem Based Learning </em>sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Dyah Ratnasari, Isa Ansori https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/66625 Uji Coba Kualitas Desain Modifikasi Model CSE-UCLA Dengan Model Discrepancy 2024-07-02T08:18:37+00:00 P. Wayan Arta Suyasa arta.suyasa@undiksha.ac.id Dewa Gede Hendra Divayana hendra.divayana@undiksha.ac.id Gusti Ayu Dessy Sugiharni dessy.sugiharni@ipb-intl.ac.id <p>Secara umum modifikasi model <em>CSE-UCLA</em> dan <em>Discrepancy</em> tampak cocok digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran <em>synchronous</em> di perguruan tinggi, namun tidak serta merta dapat dikategorikan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat persentase kualitas desain model modifikasi <em>CSE-UCLA</em> dan Discrepancy. Pendekatan penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu model pengembangan Borg &amp; Gall. Berdasarkan tujuan penelitian, maka fokus penelitian adalah hanya pada tahapan pengembangan desain, uji coba awal dan revisi hasil uji coba awal. Subjek yang dilibatkan dalam tahap uji coba awal terhadap desain dari modifikasi model <em>CSE-UCLA</em> dengan model <em>Discrepancy </em>ini sebanyak satu pakar evaluasi pendidikan, satu pakar pendidikan teknik informatika, 10 dosen dan 20 mahasiswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner.Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan persentase tingkat kualitas desain dari modifikasi model <em>CSE-UCLA</em> dengan model <em>Discrepancy</em> dengan standar kualitas design model yang mengacu skala lima. Hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kualitas desain model modifikasi <em>CSE-UCLA</em> dan <em>Discrepancy</em> sebesar 80.50% sehingga tergolong kualitas baik. Simpulan penelitian yaitu kualitas desain modifikasi model <em>CSE-UCLA</em> dengan model <em>Discrepancy</em> tergolong Baik. Implikasi penelitian ini yaitu adanya model evaluasi yang dapat dipadukan sehingga menghasilkan model evaluasi baru yang berkualitas dan bermanfaat secara optimal.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 P. Wayan Arta Suyasa, Dewa Gede Hendra Divayana, Gusti Ayu Dessy Sugiharni https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/68661 Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokal 2024-07-02T08:18:20+00:00 Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti purnamasuari654@gmail.com Komang Dewi Susanti dewisusanti17@gmail.com I Wayan Wira Darma wywiradarma@gmail.com Ketut Bali Sastrawan ktbalisas43@gmail.com Putu Wulandari Tristananda wulantrista32@gmail.com <p>Pendidikan keagamaan Hindu saat ini sangat gencar dalam mengembangkan pendidikan pasraman formal. Namun keberadaan pasraman ini memerlukan pengimplementasian kurikulum yang sesuai dengan keberadaan pasraman. Penerapan kurikulum merdeka belajar yang terintegrasi dengan budaya daerah memiliki keunggulan karena lebih relevan dan interaktif dibandingkan dengan pendekatan pendidikan lainnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kurikulum merdeka belajar terintegrasi budaya lokal di utama widya pasraman astika dharma. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Percobaan pada penelitian dilakukan pada dua kali uji terpisah yang terdiri dari uji ahli dan uji pengguna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis reflektif dalam menelaah hasil wawancara berdasarkan analisis kebutuhan. Hasil penelitian ini menghasilkan kurikulum yang sangat bermanfaat bagi prodi dalam penguatan projek mata kuliah desain pengembangan kurikulum pasraman. Berdasarkan penilaian dari pihak pengguna, dosen pengampu mata kuliah pengembangan kurikulum di pasraman, serta ahli materi dan ahli bahasa menyatakan bahwa kurikulum yang sudah selesai disusun layak digunakan.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti, Komang Dewi Susanti, I Wayan Wira Darma, Ketut Bali Sastrawan, Putu Wulandari Tristananda https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/68767 Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) Dengan Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi 2024-07-02T08:18:17+00:00 Gede Agus Jaya Negara agusjayanegara@gmail.com Ni Rai Vivien Pitriani raivivien@gmail.com Luh Putu Widya Fitriani widyafitriani@gmail.com <p>Tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam pengembangan kurikulum di era Industri 4.0 adalah menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing. Maka dari itu perguruan tinggi perlu melakukan reorientasi pengembangan kurikulum yang mampu menjawab tantangan tersebut. Kurikulum OBE dipandang sangat tepat untuk diterapkan saat ini karena didalam kurikulum OBE memuat capaian pembelajaran lulusan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kurikulum program pascasarjana pendidikan agama hindu menjadi kurikulum yang berbasis OBE (<em>Outcome-Based Education</em>). Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan (<em>Research and Development</em>) model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah satu orang ahli materi/kurikulum, pengelola dan pengembang kebijakan dan satu orang praktisi pembelajaran (dosen) serta mahasiswa program pascasarjana pendidikan Agama Hindu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket/kuisioner. Data yang didapatkan dalam penelitian ini akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengembangan Kurikulum Berbasis OBE (<em>Outcome Based Education</em>) dengan Nilai-nilai Karakter untuk meningkatkan kualitas mutu Pendidikan sangat layak digunakan sebagai kurikulum<em>.</em> Implikasi penelitian ini yaitu Kurikulum Berbasis <em>OBE (Outcome Based Education</em>) dengan Nilai-nilai Karakter dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Gede Agus Jaya Negara, Ni Rai Vivien Pitriani, Ni Luh Widya Fitriani https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/65537 Media Ular Tangga Berbasis Budaya Kabupaten Kendal pada Muatan Pelajaran PPKn 2024-07-02T08:18:44+00:00 Oktavia Ayu Kusuma Dewi ayudewi041001@gmail.com Novi Setyasto novisetyasto@mail.unnes.ac.id <p>Keterbatasan guru memanfaatkan media dalam pembelajaran, mengakibatkan siswa merasa jenuh dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Sehingga membuat situasi kelas tidak kondusif dan akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan media ular tangga berbasis budaya pada muatan pelajaran PPKn Kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> dengan menerapkan prosedur menurut <em>Borg and Gall</em> yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Sampel penelitian ini yaitu 40 siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji kelayakan pada ahli media dan ahli materi mendapatkan kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan pada guru dan siswa juga mendapatkan kategori sangat layak. Selain itu, uji keefektifan terbukti terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berbasis budaya terbukti sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn kelas V SD khususnya pada materi keberagaman sosial budaya masyarakat. Implikasi penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran lebih memudahkan siswa dalam memperoleh pemahaman dan memotivasi siswa untuk belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Oktavia Ayu Kusuma Dewi, Novi Setyasto https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/62994 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran PPKN Sekolah Dasar 2024-07-02T08:18:50+00:00 Dhevi Ayu Elindasari dheviayu.2022@student.uny.ac.id Woro Sri Hastuti dheviayu.2022@student.uny.ac.id Setiawan Edi Wibowo dheviayu.2022@student.uny.ac.id Suyitno dheviayu.2022@student.uny.ac.id <p>Pengembangan media dilaksanakan karena kurangnya penggunaan sebuah media pembelajaran interaktif teknologi di dalam proses pembelajaran. Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang interaktif dengan bantuan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berada di semester 4. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Akan tetapi, dalam penelitian ini, peneliti hanya mencapai tahap pengembangan (<em>Development</em>) dikarenakan tujuan utamanya adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dinilai baik oleh validator ahli. Validitas media pembelajaran diukur menggunakan lembar penilaian dari para ahli. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan skor mencapai 88,5%. Skor ini termasuk dalam kategori sangat layak, mengingat bahwa presentase hasil validasi berada dalam rentang 81-100%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis teknologi ini dianggap valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi menjadi solusi yang efektif dalam mendukung pembelajaran mahasiswa.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Dhevi Ayu Elindasari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/68976 Multimedia ARTESI Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar 2024-07-02T08:18:13+00:00 Hanan Faizatuzahra hananfaizatuzahra@gmail.com Sukardi sukardipgsd@mail.unnes.ac.id <p>Masalah rendahnya keterampilan membaca siswa kelas IV SD yang dipengaruhi oleh dampak pandemi Covid-19, kurangnya dukungan orang tua, dan kurangnya variasi media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menciptakan multimedia ARTESI (Belajar Teks Narasi) berbasis digital untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&amp;D), dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg &amp; Gall. Subjek penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas IV, guru dan berbagai ahli. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan soal tes. Analisis data mencakup uji normalitas, uji T-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian yaitu multimedia ARTESI (Belajar Teks Narasi) berbasis digital yang dinilai layak oleh ahli materi, bahasa, dan media dengan tingkat keberhasilan mencapai 88-94%. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan keterampilan membaca siswa kategori sedang. Disimpulkan multimedia ARTESI (Belajar Teks Narasi) berbasis digital berhasil dikembangkan dan layak serta efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini mencakup peran teknologi dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, potensi multimedia dalam sekolah, dan peran guru dalam mengintegrasikan teknologi.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Hanan Faizatuzahra, Sukardi https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/59817 Paradoks Akademik di Kalangan Mahasiswa yang Mengikuti Program "Kampus Mengajar" 2024-07-02T08:19:22+00:00 Ayi Abdurahman ayi.abdurahman@nusaputra.ac.id Jepri Utomo jepriutomo1@gmail.com Misbahul Munir munirmisbahul1990@gmail.com Arif Saefudin arifsae@upy.ac.id Hegar Harini hegar@stkipkusumanegara.ac.id <p>Program "kampus mengajar" merupakan kebijakan mitigasi Covid-19 di Indonesia yang melibatkan mahasiswa sebagai relawan Covid-19 dengan 12 SKS. Meskipun demikian, para relawan menghadapi beberapa kendala. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman para relawan Covid-19 yang berpartisipasi dalam program tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian adalah mahasiswa. Observasi dan wawancara mendalam dilakukan terhadap mahasiswa dan beberapa pimpinan program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program "kampus mengajar" menjadikan mahasiswa sebagai relawan Covid-19. Namun, kegiatan ini tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari pihak kampus. Ada tiga indikasi dari temuan tersebut; pertama, meskipun mahasiswa program "kampus mengajar" telah menjalankan tugas akademik dan tugas sebagai relawan Covid-19, relevansi tugas mereka tidak diakui dalam kurikulum fakultas atau program studi. Kedua, kebijakan internal perguruan tinggi tidak sejalan dengan kebijakan pusat yang meminta perguruan tinggi untuk memberikan solusi pencegahan Covid-19. Ketiga, konversi program kampus mengajar tidak setara dengan 12 SKS. Penelitian ini merekomendasikan agar program "kampus mengajar" melibatkan penasihat akademik untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan kegiatan yang sesuai dengan mata kuliah tertentu.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ayi Abdurahman, Jepri Utomo, Misbahul Munir, Arif Saefudin, Hegar Harini https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/57733 Kewirausahaan: Integrasi Industri Subsektor Kuliner pada Bahan Ajar 2024-07-02T08:19:26+00:00 Muhadjir Suni muhadjirsuni@poltekparmakassar.ac.id Masri Ridwan masriridwan010@gmail.com Muh. Taufik masriridwan010@gmail.com <p>Bahan ajar yang digunakan belum berorientasi pada kebutuhan peserta didik yang kontekstual dengan situasi industri kuliner di era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar mata kuliah Kewirausahaan pada suplemen materi Potensi Produk Lokal. Penelitian ini adalah pengembangan dengan model produk <em>Borg and Gall</em>. Produk divalidasi 4 expert judgment yaitu ahli materi pariwisata, desain, bahasa, dan praktisi bidang wirausaha sebelum diuji coba terhadap 10 mahasiswa mata kuliah kewirausahaan. Integrasi bahan ajar tentang inovasi yang dilakukan oleh pelaku sub sektor dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara menggunakan trianggulasi dan audit trial semua informasi. Analisis data pada pengembangan bahan ajar menggunakan deskriptif kuantitatif dengan tingkat kelayakan menggunakan skala likert, dilakukan dengan mengumpulkan jawaban responden. Hasil menunjukkan tanggapan ahli materi, desain pembelajaran, bahasa, praktisi serta mahasiswa adalah tidak perlu direvisi dengan tingkat persentase 85,24 % dan layak untuk digunakan. Simpulan penelitian menunjukkan produk bahan ajar hasil pengembangan dapat diterima dengan baik dan layak digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu bahan ajar dapat memberi inspirasi kepada mahasiswa jurusan Tata Boga dalam mengoperasikan usaha kuliner yang tangguh dan inovatif di masa yang akan datang. </p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Masri Ridwan, Muhadjir Suni https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/74473 Media Video Animasi yang Layak dan Efektif diterapkan dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar 2024-07-02T08:18:04+00:00 I Gusti Ngurah Angga Putra ngurahanggaputra99@gmail.com Maria Goreti Rini Kristiantari mariagoretirini.kristiantari@undiksha.ac.id I Wayan Wiarta iwayan.wiarta@undiksha.ac.id <p>Penggunaan media pembelajaran masih kurang dikarenakan kurangnya pemahaman guru mengenai penggunaan teknologi khususnya pembuatan video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran video animasi yang efektif digunakan khususnya pada muatan pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli rancang bangun memperoleh skor 92,50% (sangat baik), validasi ahli materi pembelajaran memperoleh skor 90,00% (sangat baik), validasi ahli desain instruksional memperoleh skor 88,30% (sangat baik), validasi ahli media pembelajaran memperoleh skor 92,30% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh 89,20% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh skor 93,00% (sangat baik). Pengujian efektivitas produk diperoleh terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar IPA. Diperoleh simpulan bahwa video animasi layak dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPA materi manfaat energi matahari pada siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini memberikan motivasi bagi guru-guru di sekolah untuk menerapkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 I Gusti Ngurah Angga Putra, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Wayan Wiarta https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/61434 Menelisik Kecerdasan Emosional Mahasiswa Aktivis Kampus 2024-07-02T08:19:15+00:00 Gita Endah Palupi palupigita@gmail.com Gendon Barus bardon.usd@gmail.com <p>Kecerdasan emosi (EQ) tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ). Mahasiswa aktivis kampus dituntut untuk memiliki kecerdasan emosional yang tinggi/baik agar mampu menyeimbangkan berbagai kepentingan dan prioritas sehingga tidak terjebak dalam berbagai konflik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa aktivis kampus; mengidentifikasi item skala kecerdasan emosional yang capaian skornya rendah/belum optimal; dan menentukan topik pelatihan peningkatan kecerdasan emosi bagi mereka. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif . Subjek penelitian berjumlah 47 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan Skala Kecerdasan Emosional Mahasiswa Aktivis Kampus dengan indeks Cronbach's Alpha sebesar 0,960. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kategori. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (51%) mahasiswa aktivis kampus memiliki kecerdasan emosional pada kategori tinggi, 43% pada kategori sangat tinggi, sisanya (6%) pada kategori sedang. Teridentifikasi dua item skala kecerdasan emosional yang capaian skornya belum optimal (4%) menyangkut aspek manajemen diri dan kesadaran diri.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Gita Endah Palupi, Gendon Barus https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/62871 Podcast Spotify Sebagai Media Pembelajaran Audio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa 2024-07-02T08:19:05+00:00 Armiati armiati@fe.unp.ac.id M. Topit Hidayat mtopit20@gmail.com <p>Pembelajaran tatap muka secara virtual menggunakan laptop/<em>smartphone</em> membuat peserta didik terus-menerus melihat pada layar laptop/<em>smartphone</em> yang dapat mengakibatkan mata mengalami kelelahan. Oleh karena itu diperlukan sebuat media alternatif yang dapat mengatasi hal ini. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran audio dengan memanfaatkan <em>Podcast Spotify</em> pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian kelas XII OTKP. Penelitian ini adalah penelitian <em>Research and Development </em>(RnD) dengan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan tes. Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu validator materi dan media, guru serta 40 siswa kelas XII OTKP SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru yang berada di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa media pembelajaran audio dengan menggunakan <em>Podcast Spotify</em> memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah <em>Podcast Spotify</em> dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran audio dan berpengaruh meningkatkan hasil belajar disebabkan oleh adanya optimalisasi, motivasi, dan partisipasi aktif dari seluruh komponen pembelajarannya. Media ini juga memfasilitasi siswa untuk aktif mempelajari materi pelajaran baik di kelas ataupun di luar kelas. Hal ini akan menambah jenis media yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran, merobah pola pembelajaran di sekolah yang selama ini lebih banyak satu arah menjadi banyak arah dengan menfasilitasi siswa untuk berinteraksi dengan sesamanya.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Armiati, M. Topit Hidayat https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/61283 E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik 2024-07-02T08:19:19+00:00 Zulfi Idayanti zulfidayanti1502@gmail.com Muh. Asharif Suleman asharifmuhammad2000@gmail.com <p>Kurangnya media pembelajaran digital menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar. Hal ini bedampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas penggunaan e-modul sebagai bahan ajar mandiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian termasuk model R&amp;D namun pada penelitian ini hanya melakukan uji efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa dengan jumlah 36 dibagi menjadi dua kelas 18 kelas kontrol dan 18 kelas eksperiment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan independent sample T-test dengan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul sebagai bahan ajar mandiri efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperiment lebih tinggi dari kelas kontrol. Disimpulkan bahwa E-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Direkomendasikan penggunaan bahan ajar e-modul sebagai salah satu sumber belajar khususnya materi ekosistem. Implikasi penelitian yaitu E-modul yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Zulfi Idayanti https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/69235 Learning Tools Based on Outcome Based Education to Improve Student Learning Outcomes 2024-07-02T08:18:08+00:00 Ni Nyoman Lisna Handayani lisnahandayani201@gmail.com Komang Wahyu Wiguna komangwahyu@stahnmpukuturan.ac.id <p>Currently, high quality and competent human resources are needed in the world of work. To achieve this, activities must be achieved as early as possible, which can be started from college by applying the Outcome Based Education (OBE) learning method. This research aims to develop learning tools for scientific courses in the form of valid, practical and effective outcome based education semester learning plans to improve student learning outcomes. The learning device development model used in this research is define, design, and develop, by modifying the 4-D model (Four D model). Learning device validity data was collected by a validation questionnaire. Practicality data was collected through questionnaires on the responses of lecturers and students to learning tools, and questionnaires on the implementation of learning tools. Data analysis was carried out descriptively. Based on the research results obtained: (1) the validity of learning devices is in the valid category with a validity value of RPS 3.52, (2) the practicality of learning devices is in the very practical category with value of 3.43, the average lecturer response is 3.71 and student response is 3.54, (3) the effectiveness of learning tools is in the effective category, with an average learning achievement test score of 79.54 and completeness of 88.24%. Based on the findings of the research results, it was concluded that learning tools met the criteria of being valid, practical, and effective in improving student learning outcomes tests, so that they could be implemented in a wider scope.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Lisna Handayani, Komang Wahyu Wiguna https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/62642 Character Education TPACK Skills to Emergency Remote Learning During The Covid-19 Pandemic 2024-07-02T08:19:09+00:00 Agnes Widyaningrum mujaddid99@gmail.com Yovita Mumpuni Hartarini mujaddid99@gmail.com <p>The transition of education to an online environment due to the COVID-19 pandemic presents new challenges for teachers and students. On the other hand, there is only a little research on developing PCK related to character education. Pedagogical Content Knowledge (TPACK) technology solves today's online learning problems. This research aims to analyze Character Education TPACK skills for emergency distance learning during the COVID-19 pandemic. This research is a mixed methods research with a quantitative approach and is supported qualitatively. The population and sample are 200 teachers. The data collection method uses a questionnaire. The research instrument was a questionnaire consisting of 33 statements and 5 open questions, which were distributed. Data were examined numerically and subjectively using component analysis and teacher explanatory descriptions. Data analysis techniques use quantitative statistics. The research results show that the mastery of TPACK Character Education in online classes uses different learning media and instructional platforms. This research implies that in the future, teachers can increase the use of teaching materials, media, methods and learning models for appropriate subjects and follow TPACK integrated with character education to create an active, fun and meaningful learning atmosphere.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Agnes Widyaningrum https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/61962 PBLRQA Strategy on Metacognitive Skills and Higher-order Thinking of Students in the Genetics Course 2024-07-02T08:19:11+00:00 Isharyadi Hasan isharyadihasan1997@gmail.com I Made Budiarsa budiarsa_imade@yahoo.com Astija astijasurya@gmail.com Mursito S Bialangi mursitobiologi@yahoo.co.id Mohammad Jamhari jamharibio@gmail.com <p>Low metacognitive abilities and high-level thinking cause students to have difficulty understanding genetics course material. This research aims to analyze the effectiveness of PBLRQA, PBL, and RQA strategies on students' metacognitive and higher-order thinking skills. This research uses a non-equivalent control group pretest-posttest design. Sampling was carried out on 118 students consisting of four classes using saturated sampling techniques. The research instruments used were observation sheets on lecturer and student activities, essay-based metacognitive skills tests, and multiple-choice tests on high-level thinking skills. Lecturer and student activity data were analyzed based on the percentage of indicators categorized as high and very high syntactically. Data on metacognitive skills and higher-order thinking were analyzed using the Normalized Gain and Independent Kruskal Wallis tests. Research findings show that implementing PBLRQA, PBL, and RQA strategies is ineffective in improving students' metacognitive and higher-order thinking skills. To follow up on these findings, further research is needed to explore the involvement of learning styles and social support on students' metacognitive skills and higher-order thinking skills, focusing on implementing PBLRQA and RQA strategies.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Isharyadi Hasan, I Made Budiarsa, Astija, Mursito S Bialangi, Mohammad Jamhari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/65693 Teaching Materials for Reading in a Professional Context to Improve the Reading Skills of English Education Program Students 2024-07-02T08:18:40+00:00 Ambar Wulan Sari ambarwulansari@umsu.ac.id Nadra Amalia nadraamalia@umsu.ac.id Tengku Winona Emelia tengkuwinonaemelia@umsu.ac.id Muhammad Arifin arifin34@gmail.com <p>Students expressed difficulty in dealing with unfamiliar vocabulary and complex sentence structures, which hindered their ability to identify important information and understand the message conveyed in the text. This research aims to develop a teaching tool called Reading for Professional Context that is appropriate to the cultural environment to improve the reading skills of students majoring in English education. This type of research is developed with a research design using the Graves model. The research subjects were two subject matter experts, two teaching materials experts, and two language experts. The trial subjects involved 22 students. Data collection methods use observation, interviews, and questionnaires. Data collection instruments with questionnaire sheets. Data analysis techniques use qualitative and quantitative analysis. The linear regression test is used to see the effect of teaching materials on reading skills. The results, namely the expert assessment, show that the product has excellent qualifications. The results of the linear regression test show that the use of "Reading for Professional Context" teaching materials significantly positively influences students' reading skills. It was concluded that the "Reading for Professional Context" teaching materials could improve students' reading skills. The findings from this research provide valuable insights for English language educators and curriculum developers in designing effective reading teaching materials to improve students' abilities in professional contexts.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ambar Wulan Sari, Nadra Amalia, Tengku Winona Emelia, Muhammad Arifin https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/68601 'SIMLA' Educational Game-Based Learning Media for the Inculcation of Pancasila Symbols and Principles, Augmenting Independent Character 2024-07-02T08:18:27+00:00 Diah Aulia Azizatur Rohmah diah.aulia.2221038@students.um.ac.id Sri Untari diah.aulia.2221038@students.um.ac.id Ade Eka Anggraini diah.aulia.2221038@students.um.ac.id <p>The transition from the K13 curriculum to an independent curriculum creates problems, especially in the learning process and learning media. A learning process needs to be supported by good learning media to achieve learning goals. This research aims to develop the educational game learning media "SIMLA" with material on the symbols and principles of Pancasila to strengthen the independent character of fourth-grade elementary school students. The type of research used is the research and development (R&amp;D) ADDIE development model. The research subjects were material experts, media, teachers, and fourth-grade elementary school students. Data collection includes interview guides, validation instruments, and student questionnaires. This quantitative data was obtained from material, media, user/teacher, and student validator questionnaires. Qualitative data was obtained from suggestions and input from experts, users, and students. The validator analysis technique uses a Likert Scale. Data obtained from product trials and usage tests uses the Guttman scale. The results obtained from material validation were 87.5% (very valid), media validation 93.75% (very valid), user validation 100% (very valid), and product trials 100% (very practical/interesting). It is practical and fun to improve independent character. The results of the paired t-test show that this product is very effective in improving students' abilities. The educational game learning media produced using the Construct 3 application is valid and can improve student learning outcomes.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Diah Aulia Azizatur Rohmah, Sri Untari, Eka Anggraini https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/67940 Interactive Multimedia Learning for Basic English Education 2024-07-02T08:18:33+00:00 Kabri kmbrata@gmail.com Budiyanto kmbrata@gmail.com <p>Dalam proses pembelajaran, dosen memberikan stimulus namun sebagaian siswa tidak memberikan respon. Siswa merasa tidak fokus dalam pembelajaran karena merasa tidak bisa menguasai penggunaan bahasa Inggris yang dipelajari. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Multimedia Interaktif Pendidikan Bahasa Inggris Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (penelitian dan pengembangan). Model yang digunakan dalam mengembangkan produk yaitu ADDIE. Subjek penelitian yaitu ahli media, desain, dan material. Jumlah subjek uji coba sebanyak 43 siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran yaitu 3,2 (sangat baik). Ahli desain pembelajaran yaitu 3.3 (sangat baik). Ahli materi pembelajaran yaitu 3.2 (sangat baik). Rata-rata kepraktisan produk multimedia interaktif yang dikembangkan sebesar 94,5% dengan kriteria “Sangat Praktis. Uji efektifitas menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Multimedia Interaktif Pendidikan Bahasa Inggris Dasar. Multimedia yang disimpulkan dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggir Dasar.</p> 2024-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kabri