MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Putu Febry Ari Contana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1392

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IA II SMA Negeri1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian tergolong penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA II SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 24 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian di dapatkan aktivitas belajar passing bola voli mengalami peningkatan sebesar 0,2 dari 7,9  siklus I menjadi 8,1 siklus II. Ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 81,25% terjadi peningkatan sebesar 16,75% menjadi 100% siklus II. Jadi rata-rata skor aktivitas belajar lompat jauh pada siklus I dan II sebesar 8,0 tergolong kategori aktif sedangkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siklus I dan II sebesar 90,65% berada pada kategori baik tergolong tuntas. Berdasarkan hasilanalisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IA II SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Oleh karena itu disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam pembelajaran passing bola voli.

Abstract: This study aims to improve the activity and learn the basic techniques of passing results (bottom and top) volleyball through implementation of STAD cooperative learning model on students’ multimedia class vocational high school of the Gianyar. Type of research is classified as forms of action research with teacher as researchers, who conducted in tow cycles and each cycle consisted of two meetings. The subjects were students of the multimedia class vocational high school a lesson Gianyar school year 2012/2013 which consisted of 34 students, which is 24 sons and 10 daughters. Data ware analyzed using descriptive statistical analysis. The results showed that on average  one cycle of learning activity of student is 7,81 with the ative category and student learning outcomes with classical completeness of 79,41% with a good category. While the two cycle, the average student activity  is 8,47 activity categories and student learning outcomes with classical completeness by 100% very good category. Based on the results of the data analysis and discussion, it was concluded that the activity and results of learning the basic techniques of passing (bottom and top) volleyball has increased through the implementation of the STAD cooperative learning model. Therefore, teachers are advised to apply Penjasorkes STAD cooperative learning model, because it can increase the activity and results of learning the basic techniques of volleyball passing.

 

Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, GI, aktivitas, hasil belajar, dan passing bola voli.

Downloads

Published

2013-08-23

Issue

Section

Articles