IIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Authors

  • I Dewa Gede Surya Bhuana .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • I Made Satyawan, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepakbola melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola pada Siswa Kelas X.IPS.2 SMA Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Dengan bentuk guru sebagai peneliti yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X,IPS.2 yang berjumlah 33 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 6,59 pada kategori cukup aktif dan hasil belajar pada siklus I mencapai 72,83% . Pada siklus II, aktivitas belajar secara klasikal adalah 8,53% pada kategori aktif, hasil belajar mencapai 86,41%.Berdasarkan hasil analisis data, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepakbola meningkat melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola pada Siswa Kelas X,IPS.2 SMA Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepakbola
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe GI, aktivitas belajar, hasil belajar, passing sepakbola.

This study aims to improve the learning outcomes of the activity and the basic techniques of soccer passing through Cooperative Learning Model Implementation Study Group Investigation (GI) to Improve Learning Outcomes Activities and Basic Techniques in Football Passing Grade of SMAN 1 Bangli X.IPS.2 Lessons 2013/2014.Penelitian year action research is classified. With the teacher as a researcher form consisting of an action plan, action, observation or evaluation and reflection. The subjects were students of class X, IPS.2 totaling 33 people. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. Learning activity data in the first cycle in the classical category was 6.59 at quite active and learning outcomes in the first cycle reaches 72.83%. In the second cycle, the activity in the classical learning was 8.53% in the active category, learning outcomes reached 86.41%. Based on the results of the data analysis, the conclusion of this study is the result of the activity and learn the basic techniques of soccer passing up through the Cooperative Learning Model Implementation Type GI to Improve Learning Outcomes Activities and Basic Technique Football Passing in Class X, SMAN 1 Bangli IPS.2 the Academic Year 2013/2014. Penjasorkes be recommended to teachers implement cooperative learning model GI in the learning process because it can increase the activity of the basic techniques and learning outcomes passing football
keyword : GI cooperative learning model, learning activities, learning outcomes, passing football.

Published

2014-02-24

Issue

Section

Articles