IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

Authors

  • I Gede Putra Aryawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.471

Abstract

IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

I Gede Putra Aryawan

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah

Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: putra.aryawan.35@facebook.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Selat Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Selat Karangasem, berjumlah 32 orang dengan rincian 14 orang putra dan 18 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling senam lantai secara klasikal sebesar 7,39 (aktif), dan pada siklus II sebesar 7.90 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,51. Persentase hasil belajar berguling senam lantai secara klasikal pada siklus I sebesar 84,37% (baik), dan pada siklus II sebesar 93,75% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,38%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Selat Karangasem tahun pelajaran 2012/2013.

 

Abstract: This study aims to improve the activity and learning outcomes through the implementation of rolling gymnastics floor cooperative learning model NHT on eighth grade students of SMP Negeri 2 Channel B Karangasem school year 2012/2013. This research is a classroom action research was conducted in two cycles, consisting of an action plan, action, observation and reflection. Research subjects eighth grade students of SMP Negeri 2 Channel B Karangasem, totaling 32 people with the details of 14 sons and 18 daughters. Data were analyzed using descriptive statistics. Results of data analysis in the first cycle and learning activities in the classical rolling floor exercises at 7.39 (active), and the second cycle was 7.90 (active). From cycle I to cycle II was increased by 0.51. Percentage of learning outcomes in the classical rolling floor exercises in the first cycle of 84.37% (excellent), and the second cycle of 93.75% (excellent). From cycle I to cycle II, an increase of 9.38%. Based on the analysis of data and discussion is concluded that the activity and learning outcomes gymnastics floor rolled up through the implementation of cooperative learning model NHT on eighth grade students of SMP Negeri 2 Channel B Karangasem school year 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: Pembelajaran   kooperatif   tipe   NHT,   aktivitas,   hasil     belajar, senam  lantai.

Downloads

Published

2013-04-16

Issue

Section

Articles