IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI

Authors

  • I Wayan Edi Saputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.509

Abstract

IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN

AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI

I Wayan Edi Saputra

NIM. 0816011080

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: edygaspooll@ymail.com

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X A SMA Negeri 2 Bangli, jumlahnya 30 orang siswa, 18 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rata aktivitas belajar 7,7, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar roll snam lantai secara klasikal 70%. Sedangkan hasil analisis data siklus II yaitu rata-rata aktivitas belajar 8,34, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai secara klasikal 93,3%. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI)  pada siswa kelas X A SMA Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Peneliti menyarankan agar guru penjasorkes menggunakan  model pembelajaran tipe GI karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai

Kata-kata Kunci: GI, aktivitas, hasil belajar, roll senam lantai.

Downloads

Published

2013-05-27

Issue

Section

Articles