IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH

Authors

  • KADEK SURYA WIBAWA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.590

Abstract

Kadek Agus Surya Wibawa

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah

Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: agussuryakaderk@yahoo.co.id

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dimana peneliti sebagai guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Seririt, yang jumlahnya 31 orang dengan rincian 14 putra dan 17 putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar lompat jauh  mengalami peningkatan sebesar 6,9% dari 70,35% pada siklus I menjadi 77,30% pada siklus II yang tergolong kategori  aktif. Sedangkan untuk hasil belajar lompat jauh  mengalami peningkatan sebesar 6,7% dari 73.30% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II yang tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan simpulan di atas, disarankan kepada guru Penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh.

k ata kunci: Kooperatif STAD,Aktivitas, Hasil Belajar, Lompat Jauh

Downloads

Published

2013-06-19

Issue

Section

Articles