IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • Jeki Juirawan Saputra .
  • I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes .
  • Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahap rencana tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja, berjumlah 20 orang dengan rincian 14 orang putri dan 6 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket secara klasikal pada siklus I sebesar 7,27 (aktif) dan pada siklus II sebesar 8,41 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,14. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 90%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajara kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket pada siswa.
Kata Kunci : kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, bola basket.

This study aimed at improving the activities and the learning outcomes of basketball passing through the implementation of cooperative learning model STAD on students grade XI Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja academic year 2015/2016. This study is classroom action research which was done in two cycles consisting of action plan, action, observation/evaluation, and reflection. The subjects of the study were students grade XI Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja, totaling 20 people consisting of 14 males and 6 females. The data were analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the result of data analysis, it was found that the average of learning activities on the basic technique of basketball passing classically on cycle I was 7,27 (active) and on cycle II was 8,41 (active). From cycle I to cycle II, it encountered improvement by 1,14. Meanwhile, the percentage of the completeness of the learning outcomes on cycle I was 70% and on the cycle II was 90%. From cycle I to cycle II, it encountered improvement by 20%. Based on the result of data analysis and discussion, it was concluded that the activities and learning outcomes of basketball passing increased through the implementation of cooperative learning model STAD on students grade XI Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja academic year 2015/2016. Penjasorkes teachers are recommended to be able to implement cooperative learning model STAD because it can improve the activities and learning outcomes of basketball passing on students.
keyword : Cooperative STAD, activities, learning outcomes, basketball

Published

2016-07-20

Issue

Section

Articles