IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Made Arsa Wijaya .
  • Prof. Dr. I Nyoman Kanca, MS .
  • I Made Satyawan, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i2.7665

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (passing bawah dan passing atas) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Seririt yang berjumlah 30 orang terdiri dari 18 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data ketuntasan aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal 7,43 (aktif) dan meningkat menjadi 8,38 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar secara klasikal teknik dasar pasing bola voli pada siklus I adalah 80,0% (baik) dan meningkat menjadi 93,3% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing (passing bawah dan passing atas) bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci : Kooperatif TPS, aktivitas, hasil belajar, pasing bola voli.

This study aimed at improving learning activity and outcome in learning passing (passing over and passing below) volleyball through implementing cooperative learning technique TPS on the students of class VII G SMP Negeri 2 Seririt years 2015/2016. This was classroom action research which researcher as teacher, it was done in two cycles. Each cycle consisted of planning, action, observing/evaluating, and reflecting stage. The subject was class VII G SMP Negeri 2 Seririt which consisted 30 students 18 male and 12 female The data were analyzed using descriptive statistics analysis. The result of data analysis of classical learning activity in cycle I showed 7.43 which was categorized active enough and in cycle II showed 8.38 which was categorized very active, meanwhile the learning outcome in cycle I reached 80,0% which was categorized good and in cycle II reached 93,3% which was categorized very good. Based on the result of data analysis and discussion, it concluded that the learning activity and outcome in learning passing (passing over and passing below) volleyball improved by implementing cooperative learning model TPS technique in class VII G SMP Negeri 2 Seririt years 2015/2016. It was suggested to Pejasorkes teacher to implement TPS technique based on the result of the study that learning activity and learning outcome had improved
keyword : Cooperative TPS, activity,the results of the study, passing volleyball.

Published

2016-07-20

Issue

Section

Articles