https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/issue/feedJurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha2025-01-27T06:14:31+00:00Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. M.Pdputu.spyanawati@undiksha.ac.idOpen Journal Systems<hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JJP</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>j. pendidik. jasm. olahraga kesehat. undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/JJP</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512018679" target="_blank" rel="noopener">2599-2597</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511513429" target="_blank" rel="noopener">2599-2589</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong>Ni Luh Putu Spyanawati</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/manager/setup/undiksha.ac.id"><strong> Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Fakultas Olahraga dan Kesehatan</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha</strong> is a scientific journal published by the Department of Physical Education, Sports, Health and Recreation, Faculty of Sports and Health, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles from research and community service results in the field of sports science, learning and development Physical education, sports and health. In the end, this journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports for the academic community. This journal is published 3 times a year.</p> <p><strong>p-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512018679" target="_blank" rel="noopener">2599-2597</a> (cetak) dan e-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1511513429" target="_blank" rel="noopener">2599-2589</a> (online)</strong></p>https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91614Pengaruh Pelatihan Massed Practice Terhadap Akurasi Shooting Pada Ekstrakurikuler Futsal SMK Negeri 2 Singaraja2025-01-26T13:37:16+00:00Dose Berlian Calvin Purbadose.brilian@gmail.comI Made Satyawan made.satyawan@undiksha.ac.idI Komang Sukarata Adnyanasukarata.adnyana@undiksha.ac.id<p>Futsal merupakan olahraga yang dinamis dikarenakan bola bergulir secara cepat dari kaki ke kaki, di mana para pemainnya dituntut untuk selalu bergerak dan dibutuhkan keterampilan yang baik dan determinasi yang tinggi, dan tidak salah lagi futsal digemari akhir-akhir ini. Seorang pemain harus menguasai keterampilan dasar menendang bola dan selanjutnya meningkatkan ketepatan shooting dan mencetak gol dari berbagai posisi lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh metode latihan massed practice terhadap akurasi shooting ke gawang dalam permainan futsal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK N 2 Singaraja yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode praktek, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitan pelaksanaan metode massed practice dapat meningkatkan akurasi shooting pada ekstrakurikuler futsal SMK N 2 Singaraja.</p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91624Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Bola Kecil Bulutangkis Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 7 Singaraja2025-01-27T05:47:45+00:00Ekin Dio Gokyansen Tariganekinyansen1409@gmail.comI Putu Panca Adipanca.adi@undiksha.ac.id<p>Proses pembelajaran PJOK memiliki berbagai materi pembelajaran tentang kesehatan dan olahraga dimana menuntut peserta didik untuk dapat mengetahui berbagai macam jenis cabang olahraga dan permainan, salah satunya adalah materi permainan bulutangkis. Ada beberapa teknik dasar memukul dalam permainan bulutangkis adalah servis panjang, servis pendek, <em>lob</em>, <em>smash</em>, <em>drop shot</em>, <em>chop</em>, <em>drive</em>, dan <em>netting. </em>Penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola kecil bulutangkis kelas VII-A SMP Negeri 7 Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan alur (1) Rencana Tindakan, (2) Pelaksanan Tindakan, (3) Observasi/Evaluasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam materi bola kecil bulutangkis sebesar 84% dalam aspek pengetahuan dan 81,1% dalam aspek keterampilan kategori sangat aktif pada siklus I. Hasil belajar peserta didik dalam materi bola kecil bulutangkis aspek pengetahuan menunjukkan persentase sebesar 94% dan aspek keterampilan 91% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat peningkatan hasil belajar materi bola kecil bulutangkis dengan menggunakan model pembelajaran P<em>roblem Based Learning.</em></p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91625Implementasi Flasafah Tri Hita Karana Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Mata Pelajaran PJOK2025-01-27T05:53:56+00:00I Made Oka Winataoka.adi@student.undiksha.ac.id<p>Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis implementasi falsafah Tri Hita Karana dalam membangun karakter siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui mata pelajaran olahraga. Tri Hita Karana, yang berasal dari budaya Bali, mengajarkan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan lingkungan. Konsep ini diyakini dapat diterapkan dalam konteks pendidikan untuk membentuk karakter yang positif pada generasi muda. Melalui pendekatan pembelajaran olahraga, siswa diharapkan dapat menginternalisasi nilai-nilai Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hari, seperti disiplin, kerja sama, rasa tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di beberapa SMP yang telah mengimplementasikan pendekatan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Tri Hita Karana dalam pembelajaran olahraga tidak hanya meningkatkan aspek fisik siswa, tetapi juga memperkuat nilai-nilai karakter yang mendukung pembentukan pribadi yang harmonis dan berakhlak baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan falsafah budaya dalam kurikulum pendidikan karakter di Indonesia<em>.</em></p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91626Analisis Letak Geografis Terhadap Kompetensi Atlet Terbang Lintas Alam Cabang Olahraga Paralayang Provinsi Bali2025-01-27T05:57:17+00:00Ninik Risa Christina ninik@undikhsa.ac.idI Made Satyawan made.satyawan@undiksha.ac.idHendra Mashurihendra.mashuri@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini berfokus pada lokasi paralayang lintas alam yang terletak di Bukit Abah, Kabupaten Klungkung, yang dikenal sebagai lokasi potensial untuk olahraga paralayang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana letak geografis Bukit Abah berdampak pada pengalaman dan performa atlet paralayang dan bagaimana hal ini dapat berdampak pada keberhasilan olahraga di lokasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Menurut penelitian, Bukit Abah dianggap sebagai lokasi yang cocok untuk paralayang karena tingginya 450 meter dan lebar lapangan kurang lebih 30 meter sehingga menyediakan ruang yang luas untuk kegiatan paralayang. Tidak ada penghalang pohon di area ini yang dapat menghalangi penerbangan, dan angin yang bertiup dari selatan membuat kondisi penerbangan lebih aman dan stabil. Hal ini menjadikan Bukit Abah salah satu lokasi ideal untuk paralayang di kawasan tersebut. Namun penelitian ini juga mengungkapkan beberapa kelemahan dan kendala, seperti perlunya pengembangan infrastruktur pendukung yang lebih baik, termasuk fasilitas transportasi dan keamanan, serta perlunya lebih memperhatikan keselamatan penerbangan. Selain itu, studi ini menemukan adanya peluang pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dapat mendukung perekonomian lokal, seperti dengan menyediakan akomodasi, makanan dan fasilitas bagi wisatawan dan paralayang. Serta terdapat potensi pengembangan pariwisata, peningkatan permintaan produk lokal dan penguatan perekonomian lokal. Untuk mewujudkan potensi tersebut, Bukit Abah memerlukan dukungan pemerintah desa dan pemangku kepentingan, baik dari sisi pengelolaan keselamatan udara maupun pengembangan ekonomi dan pariwisata setempat. Dengan begitu, Bukit Abah dapat berkembang menjadi destinasi paralayang yang menarik bagi para atlet lokal maupun internasional.</p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91627The Effect of Drill Practice Method on Battom Passing Ability in Volleyball Game of Extracurricular Participants of Stagte High School 1 Jarai, Lathat Regency2025-01-27T06:03:00+00:00Muhammad Firza Eldani Eldanifirza004@gmail.comM. Haris Satria Eldanifirza004@gmail.comNoviria Sukmawati Eldanifirza004@gmail.comDewi Septaliza Eldanifirza004@gmail.com<p>The purpose of this study is to determine the influence of the drill practice method on the ability to pass down in volleyball games of extracurricular participants of State High School 1 Jarai. The method in this study is quantitative using pre-experimental research. The instrument in this study is using the Braddy Volleyball Test. The sample in this study is 34 volleyball players from SMA Negeri 1 Jarai Class X. The sample in this study was selected using the total sampling technique. The data analysis technique uses a paired sample t test. From the results of the study, it can be concluded that there is an effect of drill method practice on the ability to pass down in volleyball games of extracurricular participants of State High School 1 Jarai Lahat Regency, this is because the calculated t value is 7.840 > the table is 2.036 and the significance value is 0.000 < 0.05. The percentage of the influence of drill method practice on the ability to pass down in volleyball games of extracurricular participants of State High School 1 Jarai Lahat Regency was 80.03% while the remaining 19.97% was influenced by other volleyball practice program variables that were not studied. For the Physical Education Teacher of State High School 1 Jarai Lahat Regency, due to the limited time of extracurricular participants, it is expected to be able to apply effective learning methods by designing a good form of learning in order to obtain optimal learning outcomes, one of which is by playing.</p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91628Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik (Kuda-kuda, Sikap Pasang, dan Belaan) Pemcak Silat Pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Tahun Akademik 2023/20242025-01-27T06:08:37+00:00Nyoman Sadhu Gunawan Jerrysadboys@gmail.comI Gede Suwiwa gede.suwiwa@undiksha.ac.idHendra Mashuri hendra.mashuri@undiksha.ac.id<p>Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan melalui wawancara analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah TP pembelajaran pencak silat bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial ini dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik (kuda-kuda, sikap pasang, dan belaan) pencak silat berbasis video tuorial dalam dengan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas C semester III Penjaskesrek. Berdasarkan penilaian ahli isi materi mendapatkan nilai 92,0% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 96,0% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 91,0% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk yaitu pada uji coba perorangan mendapatkan nilai 94,5% dengan kategori sangat baik, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 94% dengan kategori sangat baik dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 92,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.</p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/91629Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Senam Ritmik Berbasis Model ADDIE Untuk Peserta Didik Kelas XII SMA N 1 Amlapura2025-01-27T06:14:31+00:00I Made Agus Ariananta Darma Wijaya agus.ariananta@undiksha.ac.idI Putu Darmayasa putu.darmayasa@undiksha.ac.idMade Agus Wijaya agus.wijaya@undiksha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Pembelajaran Teknik Dasar Senam Ritmik Berbasis Model ADDIE Untuk Peserta Didik Kelas XII di SMA N 1 Amlapura. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan <em>Analyze, Design, Devlopment, Implementation, </em>dan <em>Evaluation. </em>Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain, dan praktisi PJOK, serta uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif-kualitatif, untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskripsi presentase. Rumus yang digunakan untuk menghitung presntase dari masing-masing subjek. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi media di tinjau dari aspek uji ahli isi/materi adalah baik dengan presentase 95%. Validasi media di tinjau dari aspek desain/media pembelajaran adalah sangat baik dengan presentase 94%. Dan uji hasil praktisi PJOK dengan persentase 94% dan 97%. Hasil uji coba produk perorangan adalah sangat baik dengan presentase 96%. Hasil uji coba produk kelompok kecil adalah sangat baik dengan presentase 97%.Hasil Uji coba produk kelompok besar adalah sangat baik dengan presentase 98%. Selama proses pengembangan aspek yang diperbaiki adalah teknik dasar senam ritmik dalam video. Dari hasil diatas maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis video teknik dasar senam ritmik pada materi senam ritmik untuk siswa kelas XII di SMA N 1 Amlapura dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran atau penelitian lebih lanjut. Selanjutnya pada tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video ini dapat digunakan dalam memfasilitasi peserta didik kelas XII SMA untuk mempelajari materi Senam Ritmik. Saran dari peniliti untuk para tenaga pengajar PJOK di SMA N 1 Amlapura untuk menggunakan media pembelajaran berbasis video karena peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya dalam materi senam ritmik dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dibandingkan dengan hanya menggunakan buku lks.</p>2025-01-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025