PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN BULELENG GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Ni Wayan Nipi Liwis
  • Putu Aditya antara

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara kelompok anak yang diberikan model pembelajaran matematika realistik dengan model pembelajaran ekspositori pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok A gugus V Kecamatan Buleleng yang berjumlah 198 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling dan hasilnya adalah kelompok A di TK Laksamana Singaraja berjumlah 13 anak sebagai kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran matematika realistik dan kelompok A2 di TK Mutiara Singaraja berjumlah 16 orang yang diberikan pembelajaran eskpositori. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis anava satu jalur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thit=8,037 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% dan (dk) 27=2,052 dengan demikian thit>ttab. Maka H1 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara kelompok anak yang diberikan model pembelajaran matematika realistik dengan model pembelajaran ekspositori. Model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : anak, konsep bilangan, matematika realistik

This study is aimed to determine differences ability to recognize the concept of numbers between groups of children who are given realistic mathematics learning model with expository learning model in Kindergarten Group A Class V at Buleleng District for academic year 2016/2017. Type of research used in this study was a quasi experimental research with a “post-test design only control group design”. The population of this study was the entire class of group V A which amounted to 198 people. The sample technique applied in this study was random sampling technique. The result showed that group A at Laksmana Singaraja Kindergaten totals 13 children were given realistic mathematics learning model and group A2 in Mutiara Kindergaten Singaraja amounted to 16 people were given expository learning model. The instrument used in this study is the ability observation sheet in recognizing the concept of numbers. The findings showed that thit = 8,037 and tabel with 5 % significant level and (dk) 27 = 2,052 thit> ttab. Subsequently H1 is acknowledged since there were some differences founded in the ability to recognize the concept of numbers between groups of children who are given a realistic mathematical learning model with expository learning model.The model of realistic mathematics learning is influenced the ability to recognize the concept of number in the children of group A Kindergarten Class V Buleleng District for the Academic Year 2016/2017.
keyword : childrens, concept of numbers, realistic mathematics.

Downloads

Published

2017-07-26

How to Cite

Liwis, N. W. N., & antara, P. A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN BULELENG GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 116–126. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11403

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>