Pengaruh Stimulasi Wicara Dalam Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Usia Dini Di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019

Luh Ade Vivi Anggraeni ., Luh Ayu Tirtayani, S.Psi.,M.Psi. ., Drs. I Wayan Sujana, S.Pd, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulasi wicara dalam pembelajaran terhadap kemampuan berbahasa anak tunarungu usia dini di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental one group pretest-posttest design dengan pendekatan pembelajaran kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah anak tunarungu di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar yang berjumlah 11 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi berupa kisi-kisi kemampuan berbahasa anak tunarungu sebanyak 9 butir. Berdasarkan hasil penelitian, data kemampuan berbahasa anak tunarungu menunjukan nilai rata-rata pre-test sebesar 43,18, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 70,63, dan diperoleh nilai thitung = 28,29 berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan (dk=10), maka diperoleh ttabel = 2,228. Sehingga data kemampuan berbahasa anak tunarungu mununjukan bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa, stimulasi wicara berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak tunarungu di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Anak Tunarungu, Kemampuan Berbahasa, Stimulasi Wicara

This study aims to determine the effect of stimulation of speech in the learning of the language skills of deaf children in kindergarten early childhood Sushrusa Denpasar Deaf Academic Year 2018/2019. This study is a pre-experimental one-group pretest-posttest design with a quantitative approach to learning. The sample in this study is a deaf child in kindergarten Deaf Sushrusa Denpasar a total of 11 children. The instrument used in this study is the observation in the form of lattice language skills of deaf children as much as 9 points. Based on this research, the data language skills of deaf children showed the average value of the pre-test of 43.18, while the average value of the post-test of 70.63, and the obtained value of thitung = 28.29 is based on a 5% significance level ( dk = 10), the obtained ttable = 2.228. So the data language skills of deaf children mununjukan that thitung > t table. It can be concluded that, speech stimulation effect on the language skills of deaf children in kindergarten Sushrusa Denpasar Deaf Academic Year 2018/2019.
keyword : Deaf Children, Language Skills, Speech Stimulation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i2.18769

Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF file view : 1676 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.