MANAJEMEN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK FASTRACK FUNSCHOOL YOGYAKARTA)

Authors

  • Fitrah Nabila Dista Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuain teknik pendirian Taman Kanak-kanak yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini yang terdiri atas: syarat dan tata cara pendirian Taman Kanak-kanak, penyelenggaraan Taman Kanak-kanak, pengelolaan Taman Kanak-kanak, evaluasi, pelaporan, dan pembinaan. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu Ketua Bidang Humas Fastrack Funschool dan objek penelitiannya adalah manajemen pendirian Taman Kanak-kanak Fastrack Funschool. Instrumen pokok yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen penunjangnya yaitu wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Kanak-kanak Fastrack Funschool secara keseluruhan sudah memenuhi kelengkapan dalam manajemen pendirian Taman Kanak-kanak. Meskipun ada beberapa yang belum terpenuhi, namun bukan sesuatu yang fatal dan tidak banyak, karena hal-hal yang seharusnya penting untuk diadakan sudah terlaksana dengan baik.

Kata Kunci: Teknik Pendirian, Taman Kanak-kanak, Studi Kasus

Downloads

Published

2020-07-19

How to Cite

Dista, F. N. (2020). MANAJEMEN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK FASTRACK FUNSCHOOL YOGYAKARTA). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582

Issue

Section

Articles