Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Putu Ayu Ditha Zeptyani Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Project-Based Outdoor Learning Activity menggunakan media Audio Visual terhadap perilaku belajar anak di PAUD Gugus II Flamboyan Penebel Tahun Ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dan pendekatan pembelajaran kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelompok B Gugus II Flamboyan Penebel Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 88 orang anak. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok B TK Negeri Kecamatan Penebel berjumlah 28 anak dan kelompok B TK Dirgantara Buruan berjumlah 28 anak. Data yang dianalisis menggunakan uji t. Dengan hasil diperoleh thitung = 10,83 dan untuk taraf signifikansi 5% dengan dk = (28+28-2) = 54 diperoleh ttabel = 2,003. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel yakni 10,83 > 2,003.Dapat disimpulkan terdapat pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity menggunakan media Audio Visual terhadap perilaku belajar anak di PAUD Gugus II Flamboyan Penebel Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: perilaku belajar, media audio visual, mitigasi, pendidikan bencana 

Abstract

This study aims to determine the significant effect of Project-Based Outdoor Learning Activities using Audio Visual media on children's learning behavior in PAUD Cluster II Flamboyant Penebel academic year of 2019/2020. The research design used is quasi-experimental design (Quasi Experimental Design) and quantitative learning approaches. The population in this study were all group B of Cluster II Flamboyant Penebel in academic year of 2019/2020 consisting of 88 children. The sample in this study was group B from TK Negeri Kecamatan Penebel with a total of 28 children and group B from TK Dirgantara Buruan with a total of 28 children. Data were analyzed using t test. With the results obtained t count = 10.83 and for a significance level of 5% with dk = (28 + 28-2) = 54 obtained t table = 2.003. Thus, the t table value t table is 10.83 > 2.003. It can be concluded that there is an effect of Project-Based Outdoor Learning Activity using Audio Visual media on children's learning behavior in PAUD Cluster II Flamboyan Penebel for academic year 2019/2020.

 

Keywords: learning behavior, audio visual media, mitigation, disasters education

Downloads

Published

2020-08-01

How to Cite

Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740

Issue

Section

Articles